http://www.informasi-pendidikan.com/

Kamis, 06 November 2014

Pendidikan Karakter Bangsa Indonesia

Karakter menjadi sebuah persoalan yang sedang dihadapi oleh bangsa Indonesia saat ini. Permasalahan mengenai krisis moral yang sudah semakin memprihatinkan ini mendorong untuk dilakukannya pendidikan karakter bangsa. Pendidikan karakter ini bertujuan untuk memperbaiki perilaku dan moralitas kaum muda Indonesia sebagai kaum penerus bangsa Indonesia. Pendidikan karakter ini harus dimulai sejak dini agar dapat menjadi dasar yang kuat bagi seseorang untuk menghadapi kehidupan di masa mendatang.


Nilai-Nilai Dalam Pendidikan Karakter Bangsa Indonesia

Agen yang menyalurkan pendidikan karakter bangsa pertama kali adalah orang tua, orang tua memiliki peranan yang amat penting dalam rangka membentuk kepribadian seseorang. Proses pemahaman mengenai pendidikan karakter haruslah ditanamkan sedini mungkin agar dapat menjadi dasar yang kuat. Orang tua harus dapat memberikan keteladanan yang baik agar dapat ditiru oleh anak. Sebelum menuju lembaga pendidikan secara resmi, anak harus sudah dibekali pendidikan karakter sehingga dapat dikembangkan sendiri oleh anak di bangku sekolah.

Setelah ada pada masa sekolah, faktor yang kemudian mendukung pendidikan karakter bangsa adalah guru. Guru harus bertujuan untuk menanamkan keteladanan dan pengertian pada siswanya. Tujuan utama guru seharusnya adalah untu memberikan ilmu yang baik pada peserta didiknya, dan bukan semata-mata untuk gaji saja. Seorang guru yang baik harus mengetahui apakah kebutuhan khusus yang harus ia siapkan untuk membantu proses pengajaran pada peserta didiknya. Guru dan orang tua harus bekerja sama secara kooperatif untuk membentuk karate anak.

Nilai-nilai dalam pendidikan karakter yang berlandaskan pada budaya bangsa Indonesia adalah sebagai berikut. Seseorang yang berkarakter harus memiliki nilai religius, jujur, disiplin, toleransi. Pekerja keras, Mandiri, Kreatif, demokratis, Semangat cinta tanah air, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, mengharga prestasi, cinta damai, bersahabat, peduli lingkungan, suka membaca, tanggung jawab dan peduli keadaan sosial. Nilai-nilai inilah yang menjadi perhatian pendidikan karakter bangsa yang juga akan terus dikembangkan dalam rangka memperbaiki krisis moral pada bangsa. Semua elemen masyarakat seharusnya dapat mendukung upaya ini, sehingga bangsa Indonesia dapat menjadi lebih baik untuk masa mendatang.
Rating: 4.5