http://www.informasi-pendidikan.com/

Selasa, 11 November 2014

Memahami Tujuan Pendidikan Karakter

Memahami tujuan pendidikan karakter merupakan pendidikan terpenting dalam kehidupan selain pendidikan lainnya. Hal ini disebabkan karena tidak semua manusia sempurna. Untuk berusaha menjadi sempurna itulah seorang manusia harus mengikuti berbagai macam pendidikan yang akan memproses dan mengantarnya menuju manusia sepenuhnya. Hal yang lain yang menyebabkan pentingnya pendidikan karakter adalah karena tidak semua hal ataupun keinginan akan berjalan mulus di dunia ini.

Dengan berbagai macam rintangan serta halangan, seseorang yang tidak memiliki karakter untuk tidak gampang menyerah misalnya, tidak akan pernah menggapai tujuannya meskipun dirinya memiliki kemampuan dan kapabilitas untuk mencapai hasil tersebut. namun, meskipun begitu, banyak yang belum memahami mengenai pendidikan karakter sehingga cenderung mengabaikan dan hanya berorientasi untuk memperoleh sertifikat atau ijazah semata. Agar tidak salah jalan, mari kita memahami apa tujuan dari diadakannya pendidikan karakter.

Apa saja tujuan pendidikan karakter?

Ada berbagai macam tujuan pendidikan karakter, namun tujuan yang terpenting dan utama dari pendidikan karakter adalah terbentuknya kepribadian yang sempurna. Hal ini merupakan kunci untuk memahami secara filosofis pendidikan karakter terbentuk. Pada hakikatnya manusia tidak ada yang sempurna. Namun hal inilah yang akan membuat kita selalu berjuang untuk menjadi lebih baik dan berusaha untuk mencapai kesempurnaan. Jika diibaratkan sebagai air dalam sebuah gelas, maka saat kita lahir, kita hanya memiliki air yang bersih sejumlah setengah gelas. Nah dalam kehidupanlah kita akan mengisi setengah gelas yang kosong. Jenis airnya terserah kepada yang memiliki gelas, apakah akan diisi dengan air kotor atau air yang bersih. Jika diibaratkan seperti tadi maka dapat disimpulkan tujuan pendidikan karakter yang utama adalah agar si empu gelas mengisi sisa gelas dengan air yang bersih atau karakter yang akan menuntunnya menjadi manusia sempurna.

Di luar hal tersebut terdapat banyak tujuan lainnya seperti membantu kita memahami berbagai karakter manusia di dunia ini. Karena tidak semua manusia memiliki karakter yang sama. Tujuan pendidikan karakter lainnya adalah tidak hanya bagi individu, namun juga agar dirinya dapat menjadi pribadi yang berguna dan bermanfaat bagi orang lainnya serta menjadi pribadi yang tangguh dan berkelakuan positif.
Rating: 4.5