http://www.informasi-pendidikan.com/

Jumat, 14 November 2014

Materi Pendidikan Karakter pada Jenjang Sekolah Dasar

Materi Pendidikan Karakter - Pada jenjang sekolah dasar merupakan salah satu waktu yang tepat untuk memberikan pendidikan kepada anak-anak. Pendidikan yang diberikan pun harus tepat sehingga sesuai dengan daya nalar mereka. Materi yang sesuai akan dapat ditangkap dengan mudah oleh peserta didik, seperti materi pendidikan karakter sekarang ini. Jika kita lihat, beberapa tahun belakangan ini kementrian yang mengurus tentang pendidikan dan kebudayaan di Indonesia yang sering disebut dengan Kemendikbud telah meluncurkan konsep pendidikan yang akan disampaikan kepada para peserta didik di Indonesia, yaitu pendidikan karakter.

Pengertian dan Materi Pendidikan Karakter

Menurut depdiknas, karakter merupakan bawaan, jiwa, hati, budi pekerti, kepribadian, sifat, perilaku, tabiat, temperamen, dan watak. Jika seseorang dapat dikatakan memiliki karakter yang mulia, maka orang tersebut harus memiliki dan mengetahui tentang potensi diri yang ditandai dengan mampu merefleksikan diri, rasional, percaya diri, analitis, kritis, logis, bertanggung jawab, inovatif, kreatif, mandiri, bersemangat, dinamis, tekun, bekerja keras, produktif, dan sportif. Sifat-sifat inilah yang diinginkan kementrian atau pemerintah di Indonesia ini dapat dimiliki oleh setiap pribadi anak didik sejak dini.

Materi pendidikan karakter yang berhubungan dengan terwujudnya cita-cita pemerintah ini dalam bidang pendidikan sangat membantu para pengajar untuk disampaikan kepada anak didik, terutama bagi anak-anak kecil seperti siswa sekolah dasar. Materi pendidikan karakter seperti agama, kesenian dan ilmu sosial akan membantu anak didik lebih memahami tentang rasa ketuhanan, rasa percaya diri, rasa bertanggung jawab, logis, kreatif, inovatif, dan tekun. Selain itu, pengajaran yang lebih bersahabat dengan anak, seperti bermain sambil belajar juga akan mempermudah penyampaian dari pendidikan karakter itu sendiri.

Dengan memberikan pengetahuan secara tepat kemudian dilanjutkan dengan contoh pelaksanaannya, seorang anak didik mampu menerima materi dengan baik. Selain itu, peserta didik juga bisa mempraktekkan materi pendidikan karakter yang telah diajarkan dan akan menjadi kebiasaan anak didik tersebut di kehidupan sehari-hari. Materi-materi yang terlihat sangat mudah diajarkan terkadang akan sulit ditangkap oleh anak didik, oleh karena itu, dengan pencontohan dari inti pembelajaran bisa mempermudah penyampaiannya kepada anak didik.
Rating: 4.5