http://www.informasi-pendidikan.com/

Selasa, 04 November 2014

Makalah Pendidikan Karakter Anak

Pendidikan karakter merupakan sebuah pengajaran yang amat perlu dilakukan untuk memperbaiki krisis moral yang sedang melanda kaum muda di negeri ini. Karakter adalah jati diri seseorang yang menentukan sikap dan perilaku seseorang di masyarakat. Pengajaran pendidikan karakter harus disertai dengan makalah pendidikan karakter yang mudah dimengerti. Makalah ini sebenarnya sangat penting untuk pengajar maupun peserta didik dalam upaya mengajarkan pentingnya karakter bagi manusia.

Contoh Makalah Pendidikan Karakter

Hal yang harus ada dalam makalah pendidikan karakter adalah faktor pendidikan karakter, Faktor yang akan menentukan keberhasilan pendidikan karakter pada anak adalah faktor lingkungan. Faktor lingkungan ini memiliki peranan yang sangat penting karena perubahan sikap dan tingkah laku seseorang sangat ditentukan oleh hal ini. oleh karena itu, perlu adanya sebuah rekayasa lingkungan yang meliputi lingkungan fisik di sekolah sekaligus lingkungan budaya sekolah, berkaitan juga dengan kurikulum, metode mengajar, dan yang paling penting adalah figure pendidik.

Pembentukan karakter pada anak yang diusahakan melalui rekayasa faktor lingkungan bisa dilakukan melalui strategi keteladanan, intervensi, penguatan, dan juga pembiasaan yang harus dilakukan secara konsisten. Proses pengembangan dan pembentukan karakter memang sangat dipengaruhi oleh keteladanan dari figure sang pendidik, selanjutnya intervensi ini dapat dilakukan melalui makalah pendidikan karakter, pelatihan, pembelajaran yang terus diulang, pembiasaan, sekaligus penguatan yang harus disertai juga dengan nilai-nilai karakter yang luhur.

Pendidikan karakter secara umum bertujuan untuk mensosialisasikan mengenai pentingnya pendidikan karakter pada anak. Upaya memberikan pemahaman kepada anak mengenai pentingnya pendidikan karakter ini dapat dilakukan dengan usaha sebagai berikut. Pertama, menerangkan bagaimana pengertian pendidikan karakter. Kedua, menjelaskan bagaimana pentingnya pendidikan karakter bagi anak, dan yang terakhir adalah menjelaskan bagaimana manfaat dari mempelajari pendidikan karakter yang akan kita peroleh di kemudian hari. Tiga hal dalam upaya memberikan pemahaman tentang pendidikan karakter pada anak ini dapat dituangkan di dalam makalah pendidikan karakter dengan bahasa-bahasa yang mudah dimengerti oleh anak. Selanjutnya, dengan makalah ini diharapkan anak juga dapat mengembangkan diri ke arah yang lebih baik.
Rating: 4.5