http://www.informasi-pendidikan.com/

Senin, 17 November 2014

Latar Belakang Pendidikan Karakter: Dasar Hukum Pendidikan Karakter

Latar Belakang Pendidikan Karakter - Pendidikan merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk anak-anak di Indonesia. Sampai sekarang, masih banyak orang tua yang tidak mempedulikan pendidikan anak-anaknya. Walaupun pemerintah telah memberikan fasilitas yang cukup untuk anak mendapatkan pendidikan, tetap saja ada yang tidak mengindahkannya. Oleh karena itulah, pemerintah menggunakannya sebagai latar belakang pendidikan karakter di Indonesia sekarang ini. Selain karena tingkat kesadaran terhadap pendidikan yang masih rendah, sebagian besar orang di Indonesia juga kurang memberikan pendidikan moral dan etika terhadap generasi bangsa ini. Pendidikan karakter yang diterapkan oleh pemerintah ini bertujuan untuk memberikan pendidikan kepada anak-anak didik sehingga bisa dikembangkan sifat-sifat dan karakternya secara tepat.

Undang-Undang sebagai Latar Belakang Pendidikan Karakter

Dalam Undang-Undang yang membahas tentang pendidikan di Indonesia, terdapat 1 undang-undang yang membahas tentang pendidikan nasional sebagai salah satu latar belakang pendidikan karakter yang diterapkan sekarang ini, yaitu Rumusan Tujuan Pendidikan Nasional Nomor 20 pasal 3 yang membahas mengenai sistem pendidikan nasional. Dalam pasal ini yang digunakan sebagai latar belakang pendidikan karakter dijelaskan bahwa pendidikan nasional digunakan sebagai wadah mengembangkan kemampuan serta membentuk watak dan peradaban yang bermartabat dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Kemudian juga bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik supaya menjadi anak yang berakhlak mulia, beriman, berilmu, kreatif, mandiri, bertanggung jawab, dan demokratis.

Selain itu, pendidikan juga dipercaya sebagai wadah yang dapat membangun kecerdasan peserta didik serta dapat menjadi wadah membangun kepribadian peserta didik ke arah yang lebih baik. Jika dilihat, pada zaman dulu, pendidikan karakter tidak terlalu diperhatikan karena pada zaman dahulu, anak-anak telah mendapatkan pelajaran dan pemahaman tentang moral dan etika dari orang tua atau yang dituakan di daerah tempat ia tinggal. Namun, karena berkembangnya zaman, hal ini semakin tersingkir dan anak zaman sekarang lebih diajari tentang kemajuan teknologi. Karena banyaknya informasi yang masuk tanpa ada saringan terlebih dahulu, anak dengan mudah mencontoh apa yang dilihat, contohnya pergaulan bebas dan narkoba. Oleh karena itu, pemerintah menjadikan masalah ini sebagai latar belakang pendidikan karakter pada sekolah-sekolah resmi.
Rating: 4.5