http://www.informasi-pendidikan.com/

Sabtu, 29 November 2014

Cara Menulis Artikel

Cara Menulis artikel adalah suatu pengetahuan wajib yang harus dimiliki oleh para blogger. Karena kegiatan utama para blogger adalah berbagi informasi melalui tulisan-tulisan mereka di blog. Untuk dapat membagikan dan menyampaikan informasi yang mereka ketahui tentu saja mereka harus paham tentang bagaimana cara menulis artikel di blog.

Apabila anda baru berencana untuk membangun atau memiliki sebuah blog sebaiknya anda sudah mulai memikirikan tema tentang blog anda. Tema blog anda ini alangkah baiknya dan sangat disarankan bila ada kaitannya dengan tulisan-tulisan yang akan anda bagikan di blog anda. Setelah itu ada juga harus mulai mengerti bagaimana cara menulis artikel di blog.

Sama halnya seperti menulis novel ataupun menulis sebuah puisi, menulis artikel di blog juga punya tata cara dan formstnya tersendiri. Format-format ini tentu yang akan membuat sebuah artikel menjadi memiliki nilai lebih dan dapat bermanfaat. Artikel yang ditulis tanpa memperhatikan format-format tentu akan menjadi artikel yang kurang menarik.

Berikut ini akan saya bagikan beberap hal yang seharusnya anda perhatikan saat akan menulis sebuah artikel di
blog.

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah judul artikel. Buatlah judul artikel yang jelas, menarik, mudah dipahami dan mencakup isian dari topik artikel yang akan anda buat. Judul artikel adalah kunci utama untuk menarik minat pembaca. Apabila judul artikel kurang menarik bisa dipastikan peminat pembaca artikel anda juga sedikit.

Hal yang kedua setelah judul artikel adalah pengantar. Buatlah suatu pengantar yang menjelaskan tentang topik dari artikel yang akan kita tulis. Buatlah pengantar yang semakin menarik minat pembaca untuk membacanya lebih dalam lagi.

Hal yang ketiga adalah isi artikel atau topik artikel. Isi artikel atau topik artikel adalah hal yang terpenting dalam menulis artikel.

Yang keempat yang harus diperhatikan saat menulis artikel adalah kesimpulan. Kesimpulan adalah bagian akhir dari sebuah artikel. Atau penjelasan singkat tentang artikel dan merupakan bagian penutup dari sebuah artikel.

Setelah anda paham ponit-point penting yang harus anda perhatikan dalam cara menulis artikel. Sebaiknya anda mulai untuk berlatih menulis artikel. Mulailah dari menulis tentang hal-hal yang anda sukai. topik artikel yang sesuai dengan kegemaran atau keahlian anda akan mempermudah anda untuk menuliskannya dan akan membuat menulis sebuah artikel menjadi hal yang menyenangkan.

Sebaiknya anda juga banyak membaca artikel orang lain. Dengan banyak membaca akan menambah pengetahuan anda dan dapat meningkatkan kemampuan anda menulis serta menambah perbendaharaan kosakata anda.

Jangan pernah menunda untuk mulai menulis artikel. Saat anda menulis biasanya akan memunculkan ide-ide baru yang bisa anda tuliskan dalam artikel anda. Semoga artikel saya tentang cara menulis artikel ini dapat anda ambil manfaatnya.
Rating: 4.5