http://www.informasi-pendidikan.com/

Minggu, 02 November 2014

Cara Belajar Menerjemahkan Bahasa Jepang Melalui Online

Belajar menerjemahkan bahasa Jepang bisa melalui offfline maupun online. Jika melalui offline yaitu menerjemahkan bahasa Jepang secara manual dengan mencari kosakata yang dibutuhkan di kamus bahasa Indonesis-Inggris; Inggris-Indonesia. Belajar bahasa Jepang online yaitu menerjemahkan bahasa Jepang dengan media internet. Layanan internet yang sering digunakan adalah situs translite.google.com.Terjemahan bahasa Jepang dari google translate itu biasanya tidak tersusun dengan benar khususnya Indonesia dan sebaliknya. Akan tetapi kalau bisa memanfaatkan dengan baik, google translate ini sangatlah bermanfaat dan membantu Anda untuk lebih memahami bahasa Jepang lebih dari sekedar kamus.

Google translate akan memiliki arti yang berantakkan jika Anda mencoba mengartikan bahasa Jepang ke bahasa Indonesia atau sebaliknya per full kalimat. Hal ini dikarenakan bahasa Jepang dan bahasa Indonesia itu mempunyai karakteristik dan pola yang sangat berbeda.Berikut ada beberapa cara yang bagus untuk menerjemahkan bahasa Jepang melalui online yang lebih teratur :


1. Terjemahkan per Kata saja


Jika menerjemahkan hanya satu kata bahasa Jepang saja maka hasilnya tidaklah berantakkan. jadi fungsi google translate disini sama dengan sebuah kamus online. Google translate sudah teruji kualitasnya dan
lengkap.


2. Terjemahkanlah hanya per frase atau kalimat sederhana


Jika ingin memanfaatkan google translate lebih dari sekedar kamus online, maka gunakan cara berikut yaitu dengan menerjemahkan sebuah kalimat sederhana di google translate. contohnya seperti ini今見てる景色が遠くなっても君と過ごした日々を忘れたくない dari kalimat ini Anda bisa ambil anak kalimatnya dan terjemahkan ke google translate.Anak kalimat dari kalimat di atas contohnya sebagai berikut:「君と過ごした日々」atau「見てる景色」atau「過ごした日々」atau「過ごした日々を忘れない」atau「遠くなる」 dan sebagainya tergantung kata apa yang ingin Anda terjemahkan.Hasil terjemahan dari google dalam anak kalimat cukup bagus dan tidak berantakkan seperti jika diterjemahkan langsung sebanyak kalimat di atas.


3. Gunakan google translate untuk mengetahui cara baca suatu kanji di situasi tertentu


Ketika mendapati suatu kanji yang tidak diketahui cara membacanya, gunakan google translate dengan terjemahan dari bahasa Jepang ke bahasa Jepang juga. Misal Anda tidak tahu cara membaca kanji ini 衰える maka copas kanjinya juga beserta kalimat yang diikutinya. Kanji itu bisa berubah cara bacanya tergantung huruf yang ada disekitarnya. Hasil yang di dapat dari terjemahan google dari bahasa Jepang ke bahasa Jepang adalah otoroeru (cara bacanya tertulis dengan menggunakan huruf romaji/latin). Setelah dapat artinya kemudian gunakan kamus atau di google translate dengan bahasa Jepang ke bahasa Indonesia yang artinya yaitu "menjadi lemah" atau "melemah".

Apabila Anda sering berlatih cara belajar bahasa Jepang dengan online maka Anda lebih cepat mendapatkan kosakata baru. Anda bisa menghemat waktu dibanding mencari terjemahan bahasa Jepang melalui kamus biasa. Selamat mencoba.
Rating: 4.5