http://www.informasi-pendidikan.com/

Selasa, 25 November 2014

Belajar Menulis Novel

Mungkin anda pernah berpikir saat anda membaca sebuah novel, bagaimana caranya mereka mampu menulis novel? Dan dimana mereka belajar menulis novel? Pertanyaan ini mungkin adalah awal dari ketertarikan anda untuk mulai bisa belajar menulis novel dan mempunya sebuah novel dengan pengarangnya adalah nama anda.

Menulis novel sebenarnya tidak harus melalui sebuah pendidikan formal di indonesia seperti sekolah jurusan penulis novel. Namun anda juga bisa belajar menulis novel secara otodidak. Atau belajar tanpa bantuan guru hanya melalui tutorial.

Sebelumnya anda juga harus paham sebenarnya apa yang dimaksud dengan novel. Dengan memahami pengertian novel akan membantu anda lebih mudah untuk belajar menulisnya. Novel adalah sebuah buku yang menyuguhkan suatu cerita baik itu cerita nyata ataupun fiksi.

Untuk mulai belajar menulis novel sebaiknya anda mulai membuat sebuah novel mengenai hal-hal yang anda sukai. Dengan menuliskan hal yang anda sukai akan memudahkan anda dalam mendapatkan inspirasi.

Ha yang harus diperhatikan dalam menulis novel adalah

1. penentuan tema,

tulislah sebuah novel dengan tema yang anda pahami. Dengan tema yang anda pahami akan memudahkan anda dalam menulis sebuah novel.

2. penokohan,

sebelum menulis sebuah
novel sebaiknya anda menentukan tokoh-tokoh yang akan anda angkat dalam novel.

3. alur cerita

untuk permulaan  belajar menulis novel sebaiknya anda menggunakan alur maju.

4. gaya bahasa

gunakanlah gaya bahasa yang sederhana agar lebih mudah dipahami oleh banyak kalangan. Penggunaan gaya bahasa yang tinggi akan membuat sebagian pembaca sulit memahaminya. gunakan bahasa indonesia dengan baik.

5. Latar

Sebaiknya menggunakan latar tempat yang pernah atau kunjungi.

6. amanat

sebuah novel yang bagus tentu saja dapat menanamkan suatu kebajikan di hati pembacanya dan memberikan suatu pembelajaran bagi pembacanya.

Untuk dapat menulis sebuah novel agar cepat selelsai sebaiknya anda perhatikan beberapa hal berikut :

1. Tentukan goal

Buatlah target dalam jangka panjang da jangka pendek. Misalnya dalam jangka pendek. Perhari anda harus mendapatkan sekian halaman. Dengan begini anda akan terus menulis dan novel anda akan cepat selesai

2. Konsisten

Yang kedua adalah anda harus konsisten atau terus menerus. Rasa malas adalah musuh utama bagi seorang penulis. Jadi anda jangan biarkan rasa malas itu terus-terusan ada. Karena sekali anda berhenti menulis maka akan membuat anda malas untuk memulainya kembali.dan Hal ini yang akan membuat novel anda menjadi terbengkelai.

3. Yakin

Saat anda mulai belajar menulis novel anda harus memiliki sebuah keyakinan bahwa anda mampu menulis sebuah novel dan akan segera menyelesaikannya. Tanpa adanya keyakinan maka novel anda bisa dipastikan akan lama selesainya atau bahkan tidak akan selesai.

Itulah bagaimana cara belajar menulis novel yang baik serta cara agar novel anda bisa segera terselesaikan. Jangan pernah bosan untuk belajar dan mari budayakan menulis.
Rating: 4.5