http://www.informasi-pendidikan.com/

Senin, 24 November 2014

Belajar Menulis Huruf untuk Anak

Mulai berpikir untuk mengajarkan balita anda belajar menulis huruf tentu saja membuat anda sedikit kebingungan. Sebenarnya pada umur berapakah anak harus mulai diperkenalkan untuk belajar menulis huruf. Lalu dengan cara apakah anda harus mulai belajar mengenalkan huruf-huruf itu pada anak anda?

Pada usia masih dibawah tiga tahun atau batita dikenal sebuah istilah golden age. Golden age Yaitu usia dimana kemampuan perkembangan otak anak menjadi sangat maksimal dan sangat mudah untuk menangkap informasi yang ia dapat dari lingkungannya. Maka dianjurkan bagi para orangtua untuk selalu memperhatikan lingkungan tempat tinggal dan selalu mendampingi dan selalu memberikan pengawasan pada anak anda agar tidak mendapatkan pengaruh buruk dari lingkungannya

Alasan inilah yang menjadikan banyak orangtua yang mulai mengajarkan anak-anak mereka untuk belajar menulis huruf dan juga belajar mengenal angka. Namun ada juga yang berpendapat belajar menulis huruf dan membaca kurang baik untuk diperkenalkan pada anak terlalu dini yaitu di bawah usia tiga tahun.

Namun tidak ada salahnya kita mulai belajar memperkenalkan anak kita belajar mengenal huruf dan juga angka, tetapi tentu saja dengan tidak memaksakan kemampuan anak anda. Tentu saja belajar mengenalkan huruf ini harus dilakukan dengan cara yang menyenangkan. Karena anak-anak paling suka dengan bermain yang menyenangkan. jangan menggunakan cara mendidik anak yang memaksakan kehendak anda pada anak.

Dengan penyampaian belajar yang menyenangkan akan membuat anak anda untuk memahami huruf-huruf serta angka yang anda ajarkan.

Berikut adalah beberapa cara mengenalkan dan belajar menulis huruf pada anak.

Pertama dengan menggunakan permainan jari

Anda bisa memakai permainan jari untuk mengajarkan anak anda belajar mengenal huruf secara menyenangkan. Permainan jari ini dilakukan dengan cara menuliskan dan menyebutkan huruf diatas telapak tangan anak anda. Dan anda juga bisa sambil menyebutkan buah atau sayuran yang menggunakan huruf awal dari huruf yang sedang diajarkan. Misalnya pada huruf A anda juga menyebutkan buah Apel atau buah yang lainnya.

Cara yang kedua yaitu dengan menggunakan kertas karton yang ditempelkan di dinding.

Ajaklah anak anda belajar menulis huruf dengan anda mencontohkannya terlebih dahulu. Anda bisa menuliskannya dikarton yang ditempelkan di dinding. Meskipun tulisan anak anda kurang baik, anda harus tetap memberikan pujian agar anak anda semakin semangat untuk belajar menulis huruf.

Cara yang ketiga yaitu dengan menggunakan kartu- kartu yang bertuliskan huruf

Cara ini dapat anda lakukan dengan membuat beberapa potongan kartu yang ditulis dengan huruf- huruf yang anda ajarkan. Sebaiknya anda mengenalkannya dalam jumlah yang tidak terlalu banyak. Misalnya anda mengenalkan huruf A sampai D terlebih dahulu. Anda tuliskan huruf A dalam beberapa kartu begitu juga huruf yang lain. Kemudian anda ambil secara acak huruf tersebut, misalnya huruf A. Lalu mintalah anak anda untuk mengumpulkan huruf A yang lain. Hal ini akan sangat menyenangkan untuk anak kecil dan akan lebih mudah dipahami.

Itulah tiga cara yang sederhana dan tentu saja menyenangkan untuk belajar menulis huruf pada anak anda. Belajarlah menjadi guru yang baik dan menyenangkan untuk anak anda. Jangan pernah memaksakan kemampuan anak anda.
Rating: 4.5