http://www.informasi-pendidikan.com/

Sabtu, 30 Agustus 2014

Tujuan Pembelajaran Matematika

Saat seorang peserta didik ditanya tentang pelajaran apa yang mereka anggap paling sulit di antara pelajaran yang lainnya. Maka kemungkinan besar mayoritas dari mereka akan menjawab bahwa pelajaran yang paling sulit adalah matematika. Mengapa bisa terjadi sugesti yang semacam ini pada peserta didik? Hal tersebut salah satunya karena dipengaruhi oleh pandangan awal terhadap mata pelajaran ini yang sudah pesimis sehingga anak kesulitan dalam memahaminya.

Kedua karena memang mata pelajaran ini banyak yang bersifat abstrak sehingga hal tersebut memaksa anak untuk aktif dalam menerka apa sih yang ada pada persoalan dalam pelajaran ini. Melihat hal di atas, mungkin banyak orang akhirnya mengeluhkan tentang pelajaran ini, dan mungkin juga mereka akan bertanya. Untuk apa sih mata pelajaran ini diajarkan di sekolah, kalau untuk sekedar berhitung kan sekarang ini sudah banyak peralatan canggih? Nah untuk menjawab pertanyaan tersebut maka ada baiknya jika anda membaca beberapa ulasan yang saya berikan di bawah ini dengan seksama agar anda dapat lebih memahami tentang maksud dan tujuan pelajaran matematika diajarkan pada peserta didik di sekolah.

Tujuan pertama adalah mengajarkan anak untuk berhitung. Kendati sekarang ini banyak perangkat teknologi yang memudahkan setiap orang untuk berhitung, tetap saja hal ini sangat diperlukan. Karena tidak selamanya seseorang akan bergantung pada teknologi dan juga penggunaan teknologi itu sendiri yang banyak menggunakan matematika atau berhitung.

Mengajarkan pola pikir kritis pada peserta didik. Salah satu yang menyebabkan matematika dianggap sulit adalah karena mata pelajaran yang satu ini memerlukan suatu pandangan berpikir yang berbeda dari pelajaran yang lainnya. Seorang peserta didik harus mampu berimajinasi, dan menganalisis masalah atau berpikir kritis untuk menyelesaikan setiap persoalan yang dihadapkan padanya pada pembelajaran matematika. Atau secara sederhana dapat kita sebut bahwa sebenarnya pembelajaran matematika merupakan pembelajaran problem solving atau pembelajaran berbasis pemecahan masalah. Dengan hal ini maka diharapkan para peserta didik akan lebih siap dalam menjalani kehidupannya di kemudian hari.

Itu tadi beberapa ulasan yang dapat saya sajikan kepada anda sekalian tentang tujuan dari kegiatan pembelajaran matematika di sekolah. Semoga dengannya sedikit ulasan di atas dapat memberikan manfaat berupa tambahan pengetahuan bagi anda sekalian. Sampai jumpa!
Rating: 4.5