http://www.informasi-pendidikan.com/

Selasa, 12 Agustus 2014

Strategi Pembelajaran IPS

Strategi pembelajaran IPS harus dirancang sebaik mungkin agar mendapatkan proses belajar yang mudah dimengerti. IPS merupakan pelajaran sosial yang meliputi berbagai aspek, seperti kehidupan dimasyarakat, lalu ada pula struktur yang ada di bumi, dan lain sebagainya. Aspek tersebut cukup banyak sekali rinciannya, oleh karena itu guru harus pintar untuk merancang bagaimana agar para siswa dapat memahami segala materi meskipun itu butuh nalar yang besar. Ketika guru tidak memiliki sebuah rancangan untuk mengajar, maka yang diberikan guru hanya sebuah teori saja. Ilmu pendidikan sosial juga ad praktek untuk mendukung kegiatan tambahan belajar, dengan begitu anak-anak akan mengerti dan bisa mencoba berbagai hal yang mencangkup dalam IPS.

Beberapa strategi pembelajaran IPS yang bisa dilakukan adalah, yang pertama pasti membuat rancangan model untuk proses belajar di kelas. Dalam model tersebut, sang guru bisa memilih berbagai jenis model yang sudah ditetapkan, dan model tersebut harus seimbang dengan materi yang akan diajarkan. Kemudian setelah menetapkan model, guru membuat alat peraga untuk ditampilkan di depan kelas. Misalnya untuk materi yang membahas wilayah di Indonesia, bisa menggunakan peta bergambar yang saat ini sudah banyak diperjual belikan di pasar. Ada juga materi yang membahas Negara-negara yang terdapat di seluruh bumi, untuk materi tersebut guru harus menggunakan globe agar siswa mengerti Negara tersebut ada dibagian mana. Setiap sekolah pasti mempunyai globe, jadi siswa tidak perlu membawa globe lagi,

Strategi belajar lainnya dengan cara menggunakan nyanyian untuk mengingat nama-nama Negara, salah satu strategi ini sudah banyak yang menerapkan dan hasilnya sungguh luar biasa. Ketika guru menyanyikan lagu dengan nada yang mudah diingat, maka anak-anak juga sangat mudah untuk mengingat nyanyiannya. Selain itu, peserta didik juga menjadi bersemangat ketika pelajaran IPS dimulai, karena nyanyian tersebut bisa membuat kelas menjadi berwarna dan murid-murid bisa aktif.

Tujuan adanya strategi pembelajaran IPS ini ialah untuk menyemangati siswa yang terkadang sangat berat untuk memulai suatu pelajaran, lalu agar bisa membuat peserta didik lebih aktif di dalam proses belajar. Karena IPS merupakan salah satu pelajaran yang sulit, maka harus dibuat semudah mungkin.
Rating: 4.5