http://www.informasi-pendidikan.com/

Jumat, 15 Agustus 2014

Pengembangan Materi Pembelajaran

Pengembangan materi pembelajaran yang menggunakan berbagai media sudah cukup baik untuk proses mengajar di kelas. Dalam mengembangkan suatu materi, sang guru harus lebih kreatif ketika menyajikan pokok bahasan. Karena, ketika guru memberikan sesuatu yang baru dalam mengajar, maka para siswa akan lebih bersemangat untuk mengetahui apa yang selanjutnya akan terjadi.

Dan ketika hal tersebut sudah dilakukan, akan ada kesan tersendiri di dalam pikiran siswa. Terdapat dua kemungkinan yang dikenang siswa, antara mereka ingin diberikan materi dengan cara yang sama seperti sebelumnya, karena mereka senang dan mendapatkan kenyamanan saat belajar. Atau mereka ingin diajarkan dengan cara yang lebih baik lagi seperti yang diinginkan para siswa.

Sang guru dalam mengembangkan materi pelajaran harus memikirkan bagaimana dampak yang akan dialami siswa, maksudnya adalah guru harus melihat tolak ukur yang bisa diterima oleh siswa.
Apakah dari pengembangan materi tersebut bisa membuat anak-anak lebih memahami maksud dan penyampaiannya, atau para murid merasa dibebani dengan penambahan cara memberikan materi tersebut. Dengan begitu, pembelajaran yang diberikan bisa sesuai dengan kapasitas para siswa.

Terdapat beberapa pengembangan materi yang bisa dilakukan dalam proses pembelajaran, seperti menjelaskan secara detail bagaimana hal tersebut terjadi, lalu menceritakan darimana asal mulanya suatu hal bisa terbentuk, kemudian menyuruh murid-murid membuat hal lain dari materi tersebut.

Untuk menjelaskan suatu materi, guru tidak hanya bercerita di depan kelas dan murid menjadi radio pendengar guru saja, namun guru harus menjelaskan dasar-dasarnya dan murid mencari bahan atau materi lain yang juga menjelaskan tentang bab yang sedang dibahas tersebut.  Selanjutnya, menceritakan suatu hal telah terjadi, harus dimulai dari awal terjadinya. Supaya anak-anak lebih paham, dan berceritanya tidak selalu monoton namun menggunakan bahasa yang mudah dicerna anak-anak dan disela-sela cerita gunakan permisalan. Terakhir, menugaskan para siswa membuat suatu kerajinan dalam bentuk lain dari materi yang telah diajarkan.

Beberapa cara tersebut sangat efektif dalam pengembangan materi pembelajaran. Karena selain gurunya yang aktif  dalam mencari suatu hal yang baru untuk mengajar, para siswa juga aktif di dalam proses belajar di alam kelas.
Rating: 4.5