http://www.informasi-pendidikan.com/

Jumat, 15 Agustus 2014

Pendidikan dan Pembelajaran

Pendidikan dan pembelajaran berbanding lurus dengan apa yang diberikan oleh guru. Seorang guru yang mengerti bagaimana menyusun pembelajaran, pasti akan membuat siswa nyaman dalam belajar. Pendidikan dan pembelajaran mempunyai definisi yang berbeda. Pendidikan adalah sebuah hal penting yang wajib untuk dilaksanakan. Dari pendidikan seseorang bisa mempunyai mimpi yang dapat diwujudkannya. Pengertian dari pendidikan ialah sebuah proses untuk mendapatkan sebuah pengetahuan. Proses tersebut bisa dilakukan di rumah, sekolah, ataupun dimana saja. Karena sebuah pendidikan harus dilakukan tanpa menuntut dimana tempat proses berlangsungnya.

Untuk yang tidak mempunyai biaya, pendidikan bisa dilakukan dengan masyarakat sekitar yang menjadi sukarelawan. Atau ketika ada saudara yang mempunyai pengetahuan, bisa membagi ilmunya dengan yang lainnya. Sebuah ilmu yang paling penting di dalam pendidikan ialah pengalaman. Banyak orang sukses yang dahulunya tidak bisa sekolah, namun penghasilan dan kinerjanya sangat baik. Hal ini karena pengalaman yang ia dapatkan sangat besar dan lebih menunjang untuk menjadikan ia sukses daripada yang banyak menghafal teori di buku. Pendidikan yang baik untuk saat ini adalah di sekolah. Semua perusahaan yang bonafid memilih karyawan dengan melihat pendidikannya. Baca: Belajar Menurut Teori Behavioristik

Karena dari pendidikan lebih diutamakan, terkadang guru memberikan nilai yang tidak sesuai dengan kemampuan siswa, atau dikatakan manipulasi nilai. Hal tersebut sangat buruk untuk masa depan siswa, karena mereka menganggap nilainya lebih baik dan memuaskan, padahal ketika diuji dalam suatu yang nyata maka hasilnya jauh berbeda.

Pembelajaran sama seperti pendidikan, namun yang membedakan ialah untuk pembelajaran bisa dilakukan meskipun tidak punya status pendidikan. Cara yang dilakukan bisa dengan melihat sesuatu hal, mengamati orang lain atau sesuatu, dan juga bisa dari pengalaman.  Pembelajaran yang paling efektif dengan berinteraksi langsung dari sesuatu. Sang anak bisa berimajinasi dan memikirkan hal apa saja yang akan terjadi dan bagaimana prosesnya. Selain itu pembelajaran di sekolah harus menekankan keaktifan setiap siswa, karena hal tersebut penting sekali untuk menjadikan otaknya lebih cerdas dalam berpikir rasional.

Pendidikan dan pembelajaran harus dijadikan satu paket dalam meningkatkan kecerdasan seorang anak. Pendukung dari kedua hal tersebut adalah orangtua dan guru. Baca: Belajar menurut teori humanistik 
Rating: 4.5