http://www.informasi-pendidikan.com/

Senin, 11 Agustus 2014

Pembelajaran di SD

Pembelajaran di SD menggunakan beberapa metode dan model belajar yang berbeda dibandingkan dengan sekolah menengah atau pertama. Hal ini bertujuan agar sang anak lebih menikmati belajar di dalam kelas dan tidak jenuh dengan materi yang diberikan. Pendidik yang mengajar di sekolah dasar, harus benar-benar mengerti bagaimana mengajarkan dengan baik dan kreatif.

Saat ini, pengajar yang merupakan lulusan dari pendidikan sekolah dasar belum cukup mengajar di SD. Namun diperbolehkan untuk menjadi guru honorer yang hanya mendapatkan bayaran sedikit dari mengajar seharian. Jika seseorang ingin menjadi guru SD, harus mempunyai sertifikat resmi yang didapatkan dengan cara menempuh kuliah satu tahun lagi. Dalam kuliah yang hanya satu tahun tersebut, calon guru diajarkan bagaimana cara menghadapi anak murid yang masih belum bisa mandiri, lalu cara apa saja agar murid senang dalam belajar, dan masih banyak lagi.

Selain prosesnya yang sulit, untuk menjadi guru tetap merupakan hal yang sulit, sebab harus menunggu sekitar tujuh tahun untuk menjadi guru tetap. Semua hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan pendidikan kearah yang lebih berkualitas. Pembelajaran di SD mengacu pada batasan-batasan kompetensi dan indicator yang telah diberikan. Sang guru wajib memilah hal apa saja yang akan diajarkan dan bagaimana penerapannya agar berjalan dengan baik. Semua ini tersusun dalam perancangan pembelajaran. Jika pembelajaran tidak sebanding dengan apa yang ditulis dalam kompetensi, akan membuat pengajaran tidak berjalan dengan terarah.

Siswa SD cenderung lebih aktif dan masih suka bertanya tentang sesuatu. Dari perlakuan siswa tersebut bisa dijadikan sebuah model belajar yang efektif. Contohnya, untuk anak yang senang berlarian, bisa menggunakan model belajar diluar kelas. Seperti melihat hewan yang bisa terbang, dan permainan bola yang mengarah pada permainan pelajaran. Cara tersebut lebih baik daripada menyuruh sang anak untuk tetap belajar di kelas.

Keaktifan siswa harus lebih ditekankan lagi dalam pembelajaran di SD, agar anak-anak juga bisa mempertajam kecerdasannya. Selain itu, pemberian materi harus sesuai dengan kurikulum yang berlaku, dan guru juga wajib memberikan model-model lain disetiap belajar di kelas, supaya penerapan belajar lebih optimal dan tidak terkesan membosankan.
Rating: 4.5