http://www.informasi-pendidikan.com/

Kamis, 28 Agustus 2014

Pembelajaran Cooperative Learning (Pembelajaran Kooperatif)

Pembelajaran kooperatif - Tingkat pendidikan di Indonesia saat ini rata-rata masih sangat rendah jika kita membandingkannya dengan pendidikan di negara lain khususnya yang berada di kawasan asia. Hal tersebut karena rendahnya minat masyarakat terhadap pendidikan. Mengapa bisa terjadi demikian? Hal tersebut karena banyak di antara masyarakat yang memiliki anggapan bahwa pendidikan bukan merupakan hal yang teramat penting. Padahal jika dikaji dan dipikirkan lebih dalam maka pendidikan menempati posisi utama dalam meningkatkan kualitas kehidupan bangsa.

Selain itu masalah lain adalah karena kekurangtertarikan para peserta didik di dalam kegiatan pembelajaran yang terkesan monoton. Dan hal inilah yang akhirnya semakin memperburuk keadaan pendidikan di Indonesia. Nah, untuk mengatasi hal tersebutlah akhirnya para ilmuwan mulai berpikir untuk mengembangkan sebuah model pembelajaran yang diharapkan akan dapat menarik minat para peserta didik dalam belajar hingga akhirnya akan berpengaruh pada naiknya tingkat pemikiran masyarakat terkait pentingnya kegiatan pembelajaran. Salah satunya hasil upaya tersebut adalah model pembelajaran yang diberi nama cooperative learning atau yang biasa disebut pembelajaran kooperatif ini.

Pembelajaran kooperatif merupakan sebuah kegiatan pembelajaran inovatif yang berbasis kerjasama. Artinya dalam kegiatan pembelajaran yang menjadi titik utama adalah adanya kerjasama yang erat yang terintegrasi di antara para peserta didik dengan peserta didik lain di dalam kelompok maupun antara peserta didik dan tenang pendidiknya di dalam kelas.

Pembelajaran kooperatif memiliki kelebihan yakni dalam meningkatkan jiwa sosial yang dimiliki oleh para peserta didik. Pada saat kegiatan pembelajaran seorang tenang pendidik akan membagi para peserta didiknya menjadi beberapa kelompok kecil yang dapat disesuaikan dengan situasi dan kondisi kelas pembelajaran. Dengannya, lalu tenaga pendidik memberikan sebuah materi pembelajaran yang dapat berupa soal yang harus dipecahkan di dalam kelompok atau problem solving in the team. Dengan cara semacam ini maka para peserta didik akan lebih aktif dalam mengemukakan gagasan dan pendapat yang mereka miliki. Di sini akan muncul sebuah keberanian dalam mengutarakan maksud, belajar menerima pendapat orang lain dan yang paling penting adalah rasa saling menghargai dan sebagai satu kesatuan akan semakin baik.

Itu tadi sedikit ulasan yang dapat saya sajikan tentang pembelajaran kooperatif di atas. Semoga bermanfaat untuk menambah wawasan pengetahuan anda.
Rating: 4.5