http://www.informasi-pendidikan.com/

Senin, 18 Agustus 2014

Model-model Pembelajaran IPS

Ilmu pengetahuan sosial merupakan salah satu dari banyak mata pelajaran yang diajarkan di sekolah. Cakupan dari materi pembelajaran pelajaran ini adalah mengenai kehidupan sosial manusia. Karena hal tersebutlah maka diperlukan model-model pembelajaran khusus yang dengannya dapat meningkatkan keefektifan pembelajaran sosial khususnya menyangkut hal kemasyarakatan. Nah, pada kesempatan yang istimewa ini saya akan mencoba menguraikan kepada anda beberapa contoh model pembelajaran IPS yang saya nilai efektif. Di antaranya model-model pembelajaran yang saya maksud tersebut adalah sebagai berikut.

Model pembelajaran kooperatif atau Cooperative Learning. Model pembelajaran yang satu ini adalah contoh model yang tepat digunakan dalam kegiatan pembelajaran IPS. Hal tersebut arena model pembelajaran ini berbasis kerjasama, di mana masih-masing peserta didik akan dimasukkan ke dalam sebuah kelompok tertentu yang telah dibuat oleh tenaga pendidiknya. Model pembelajaran yang semacam ini memiliki tujuan utama yakni terciptanya integrasi sosial di antara para peserta didik yang satu dengan peserta didik yang lainnya juga antara peserta didik dengan tenaga pendidiknya. Selain itu, banyak strategi pembelajaran yang sesuai dengan model pembelajaran ini semisal strategi pembelajaran diskusi, strategi observasi atau studi kasus hingga strategi pembelajaran berbasis problem solving atau pemecahan masalah.

Model pembelajaran Paikem. Model pembelajaran ini merupakan model inovatif yang berasal dari singkatan model pembelajaran aktif, inovatif, lingkungan, kreatif, efektif dan menyenangkan. Seorang tenaga pendidik dapat menjadikan model pembelajaran ini sebagai model pembelajaran IPS karena sangat relevan dengan berbagai strategi pembelajaran yang menunjang. Misalkan saja dengan membuat kegiatan pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dengan karya wisata atau studi tour ke tempat wisata yang bersejarah yang kaya akan nilai sosial dan budaya, juga mungkin menerapkan strategi observasi lagsung ke tempat umum yang banyak ditemui di lingkungan sekitar tempat tinggal peserta didik, semisal pasar, kantor pos dan lain sebagainya. Dengan cara yang semacam ini maka kegiatan pembelajaran IPS pun akan dapat berjalan dengan efektif dan menyenangkan sehingga peserta didik akan lebih memahami perannya dalam kehidupan sosial.

Itu tadi dua contoh model pembelajaran yang baik untuk digunakan pada kegiatan pembelajaran IPS. Semoga dengannya beberapa ulasan yang saya sajikan tentangnya dapat memberikan banyak manfaatnya.
Rating: 4.5