http://www.informasi-pendidikan.com/

Kamis, 07 Agustus 2014

Metodologi Pembelajaran PAI

Metodologi Pembelajaran PAI - Pendidikan agama Islam merupakan salah satu pendidikan yang sangat penting yang harus diintensifkan kepada para peserta didik. Hal ini karena masalah pendidikan agama merupakan sebuah masalah yang sangat urgen, terlebih dengan semakin tingginya arus globalisasi yang menghilangkan batas-batas kebudayaan, yang dengannya lebih banyak membawa dampak negatif dalam hal semakin banyaknya pergaulan bebas.

Dengan kenyataan tersebut maka mengintensifkan pendidikan agama di sekolah menjadi alternatif utama untuk menanamkan akhlakul karimah pada peserta didik. Tentunya untuk melakukan hal ini diperlukan banyak hal yang harus dilakukan oleh tenaga pendidik untuk meningkatkan minat belajar siswa terhadap pendidikan agama Islam. Salah satunya adalah dengan memilih metodologi pembelajaran PAI yang tepat. Nah, berikut ini saya akan mengutarakan kepada anda sekalian tentang beberapa metode yang sangat baik untuk digunakan dalam peningkatan kualitas pendidikan agama Islam. Di antaranya beberapa metode tersebut adalah.

1. Metode ceramah plus. Metode ini merupakan sebuah metode yang berasal dari gabungan metode ceramah dan metode interaktif, kelebihan metode ini jika dibandingkan dengan metode yang lainnya adalah pertama karena tenaga pendidik memberikan pembelajaran secara langsung kepada peserta didiknya atau secara ceramah sehingga peserta didik dapat mengetahui materi pembelajaran tanpa menggantungkan pada ketersediaan sumber buku yang terbatas, kedua karena metode interaktif maka peserta didik akan aktif dalam bertanya dan akan menimbulkan integrasi sosial antara tenaga pendidik dan juga peserta didik di dalam kegiatan pembelajaran.

2. Metode diskusi. Seorang tenaga pendidik pendidikan agama Islam dapat menerapkan metode diskusi pada peserta didiknya. Banyak hal yang dapat diberikan menggunakan metode ini, misalkan saja dengan menggabungkannya dengan metode observasi kelompok, studi kasus dan juga metode problem solving atau pemecahan masalah. Dengan cara yang semacam ini maka akan sangat baik untuk membentuk suatu kesatuan antara peserta didik yang terlibat. Selain itu tenaga pendidik dapat memacu semangat yang dimiliki oleh peserta didik dengan cara memberikan penghargaan pada tim atau kelompok yang memiliki prestasi atau poin yang tertinggi. Jalan semacam ini akan membuat peserta didik menjadi semangat belajar.

Demikian tadi beberapa ulasan yang dapat saya sajikan tentangnya. Semoga beberapa ulasan di atas dapat memberikan banyak manfaat bagi anda sekalian.
Rating: 4.5