http://www.informasi-pendidikan.com/

Selasa, 19 Agustus 2014

Metode Pembelajaran Kimia di Sekolah

Mata pelajaran Kimia merupakan salah satu cabang mata pelajaran dalam ilmu pengetahuan alam. Pelajaran yang satu ini kerap kali membuat para peserta didik bingung saat harus menghafalkan banyak rumus kimia. Karena hal tersebutlah maka seorang tenaga pendidik mata pelajaran kimia harus mempunyai banyak strategi pembelajaran yang efektif untuk digunakan pada mata pelajaran yang satu ini agar kegiatan pembelajaran dapat berlangsung dengan baik. Nah pada ulasan kali ini saya akan mencoba mengupas tuntas banyak hal tentangnya, saya akan menghadirkan untuk anda beberapa strategi dalam pembelajaran kimia di sekolah. Seperti apakah strategi pembelajaran tersebut? Untuk dapat mengetahui banyak hal tentangnya maka silakan anda simak ulasan berikut ini dengan seksama!

Strategi atau metode pembelajaran ceramah. Cara penyampaian materi pelajaran kimia yang satu ini baik untuk diberikan kepada peserta didik di awal kegiatan pembelajaran. Terutama hal ini sangat efektif digunakan untuk menyiasati keterbatasan sumber materi pelajaran semisal buku. Selain itu pemahaman peserta didik terhadap materi pelajaran kimia akan terfokus karena pelajaran dijelaskan langsung oleh tenaga pendidiknya.

Metode pembelajaran demonstrasi. Seorang tenaga pendidik dapat memberikan materi pelajaran menggunakan metode ini untuk menjelaskan materi pelajaran kimia kepada peserta didiknya. Dengan cara ini maka para peserta didik akan melihat secara langsung tentang materi yang diberikan.

Metode pembelajaran percobaan. Dengan melakukan percobaan secara langsung maka peserta didik bukan hanya mendapatkan cerita dari tenaga pendidiknya terkait materi pembelajaran kimia, juga bukan hanya mendapatkan penjelasan berupa visual semata tetapi juga langsung berkaitan dengan pengalaman yang dimiliki oleh peserta didik dalam kegiatan pembelajaran mata pelajaran kimia tersebut. Dengan cara ini maka selain akan meningkatkan pemahaman yang dimiliki oleh setiap peseta didik maka pembelajaran yang semacam ini juga sangat menyenangkan untuk dilakukan sehingga hal tersebut dapat meningkatkan minat para peserta didik terhadap materi pelajaran kimia.

Dan itu tadi sedikit pembahasan yang dapat saya sajikan untuk anda mengenai strategi – strategi yang baik untuk digunakan pada pembelajaran kimia di atas. Semoga dengannya beberapa ulasan yang saya hadirkan dapat memberikan tambahan wawasan dan pengetahuan bagi para pembaca sekalian. Sampai berjumpa kembali di kesempatan menarik yang selanjutnya!
Rating: 4.5