http://www.informasi-pendidikan.com/

Jumat, 22 Agustus 2014

Mengenal Pembelajaran Individual

Salah satu kegiatan pembelajaran yang kian dilirik akhir-akhir ini adalah model pembelajaran individual karena dinilai memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan model pembelajaran lainnya. Seperti apakah kelebihannya? Simak ulasan berikut ini dengan seksama agar beragam informasi khusus yang menarik yang telah saya sajikan tentangnya dapat anda ketahui. Selamat membaca!

Berikut ini merupakan hal yang menjadi dasar dari kegiatan pembelajaran individual baik untuk dilaksanakan. Di antaranya hal-hal yang saya maksud tersebut adalah sebagai berikut.

Setiap individu memiliki tingkat kemampuan dan latar belakang pengalaman yang berbeda. Hal ini menjadi hal pertama yang diperhatikan dalam kegiatan pembelajaran individual ini, ya tingkat kemampuan yang berbeda yang dimiliki oleh setiap individu terkadang membuatnya sulit untuk bekerjasama dengan orang yang lainnya di dalam kelompok. Karena hal tersebutlah maka kegiatan pembelajaran individu dirasa efektif . Di sini seorang tenaga pendidik dapat memantau secara intens setiap orang individu yang menjadi peserta didiknya. Sehingga dengannya akan lebih mudah untuk berkembang.

Pembelajaran didasarkan pada bakat dan minat yang dimiliki peserta didik. Setiap individu pada dasarnya dianugerahi oleh Tuhan bakat dan minat yang berbeda-beda. Karena hal tersebutlah maka pembelajaran individu ini penting adanya. Artinya kegiatan pembelajaran yang diarahkan sesuai dengan bakat dan minat ini diharapkan akan membuat peserta didik menjadi nyaman terhadap kegiatan pembelajaran yang mereka jalani hingga akhirnya dapat berkembang sesuai bakat dan minat masing-masing.

Gaya belajar yang berbeda-beda. Setiap individu memiliki tipe dalam belajar yang berbeda. setidaknya hal ini dapat kita kelompokkan secara umum menjadi tiga tipe utama, yakni tipe audio atau seorang individu yang dapat belajar dengan baik dengan cara mendengar, kedua tipe visual yakni seorang individu yang akan dapat memahami sebuah pembelajaran jika menggunakan penglihatannya atau yang ketiga tipe kinestetik, yakni seorang individu yang memiliki kemampuan tertinggi dalam memahami pembelajaran jika dialami secara langsung atau berdasarkan gerakan nyata. Dengan hal tersebut maka pada kegiatan pembelajaran individual dapat diintensifkan sesuai dengan gaya belajar masing-masing individu.

Demikian tadi beberapa ulasan yang dapat saya sajikan untuk anda sekalian. Semoga dengannya dapat menambah wawasan yang anda miliki, sampai jumpa pada ulasan yang selanjutnya!
Rating: 4.5