http://www.informasi-pendidikan.com/

Minggu, 24 Agustus 2014

Administrasi Sekolah

Administrasi sekolah adalah segala upaya bersama untuk memanfaatkan sumber-sumber personal ataupun material yang efektif dan juga efisien supaya menunjang tercapainya tujuan pendidikan sekolah dengan optimal. Adapun prinsip umum dari administrasi sekolah yaitu administrasi sekolah sifatnya lebih praktis dan fleksibel, sehingga bisa dilaksanakan sesuai berdasarkan kondisi maupun situasi yang nyata di sekolah. Sementara fungsinya untuk sumber informasi dalam meningkatkan pengelolaan pendidikan dan juga dalam kegiatan belajar mengajar.

Pada dasarnya administrasi sekolah sendiri terbagi menjadi beberapa komponen, beberapa di antaranya adalah :

Administrasi kesiswaan

Administrasi ini dilakukan supaya transformasi siswa bisa menjadi lulusan yang di inginkan oleh tujuan pendidikan yang sudah di tetapkan dan bisa berlangsung dengan efektif serta efisien. Adapun administrasi kesiswaan berhubungan dengan pembinaan siswa di sekolah hingga siswa menyelesaikan pendidikan melalui suasana yang kondusif dalam proses belajar mengajar. Sementara untuk fungsinya adalah merencanakan jumlah siswa yang bisa diterima dalam tahun ajaran baru, mengetahui secara pasti kondisi siswa dan memberikan masukan kepada RAPBS. Selain itu kegiatan yang dijalani dalam administrasi sekolah adalah penerimaan siswa, pembinaan siswa dan juga tamat belajar.

Administrasi sarana dan prasarana

Sarana dan prasarana di sini berkaitan dengan semua benda yang bergerak ataupun tidak bergerak yang dibutuhkan untuk menunjang proses belajar mengajar. Adapun kegiatan dari administrasi sarana dan prasarana adalah merencanakan kebutuhan, mengadakan sarana dan prasarana pendidikan, menyimpan sarana dan prasarana pendidikan, inventarisasi sarana dan prasarana.

Administrasi personal

Yang dimaksud personal pendidikan di sini yaitu golongan petugas yang membidangi baik itu kegiatan edukatif maupun non-edukatif. Personal edukatif adalah mereka yang memiliki tanggung jawab di dalam proses belajar mengajar seperti guru dan juga konselor, sedangkan untuk personal non-edukatif yaitu para petugas tata usaha maupun para penjaga atau para pesuruh sekolah.

Administrasi keuangan

Komponen di sini adalah ketatausahaan serta tindakan keuangan yang di dalamnya meliputi perencanaan, pencatatan data, pelaporan, pelaksanaan dan juga tanggung jawab keuangan..

Administrasi kurikulum

Di samping melakukan pencatatan pelaksanaan kurikulum nasional juga memberikan deskripsi sajian pokok bahasan di setiap mata pelajaran tiap semester, menyediakan jabaran kurikulum masing-masing pelajaran, menyediakan kurikulum untuk pegangan para pengajar maupun merencanakan pelaksanaan pembelajaran di setiap pelajaran dalam tingkatan kelas.

Selain beberapa administrasi sekolah di atas, ada pula administrasi humas yang mana majunya SDM suatu wilayah tidak hanya tergantung pada pendidikan saja, melainkan juga masyarakat di daerah tersebut. Oleh sebab itu semakin tinggi partisipasi masyarakat, maka akan semakin maju pula SDM daerah tersebut. Jadi sebaiknya masyarakat dilibatkan secara langsung dalam pembangunan pendidikan
Rating: 4.5