http://www.informasi-pendidikan.com/

Selasa, 01 Juli 2014

Teori Pembelajaran Matematika yang Baik

Teori Pembelajaran Matematika - Salah satu kegiatan pembelajaran yang ada di sekolah yang banyak ditakuti oleh para peserta didik di negara kita adalah pembelajaran matematika. Pembelajaran ini dinilai sulit untuk dipahami oleh para peserta didik sehingga dengannya maka diperlukan banyak usaha para tenaga pendidik mata pelajaran matematika ini untuk dapat menjadikan mata pelajaran yang abstrak ini menjadi lebih disukai oleh para peserta didik. Hingga akhirnya mereka menjadi lebih mudah memahami pelajaran matematika.

Setidaknya dalam terdapat banyak teori yang digunakan untuk pembelajaran matematika ini. Namun secara umum pembelajaran matematika bagi para peserta didik dapat tercapai jika banyak komponen dalam pembelajaran tersebut dapat dijalankan dengan baik. Di antaranya adalah sebagai berikut ini.

Strategi pembelajaran matematika. Strategi atau metode merupakan cara seorang tenaga pendidik matematika dalam menyampaikan materi pembelajaran matematika kepada para peserta didiknya.

Hal ini memberikan pengaruh yang besar bagi para peserta didik. Seperti salah satu contoh yang membuat para peserta didik menjadi tidak menyukai mata pelajaran ini adalah karena metode yang digunakan oleh para tenaga pendidik pada umumnya adalah metode ceramah atau penjelasan secara langsung. Sehingga hal ini perlu mendapatkan perhatian khusus agar dapat dikembangkan menjadi lebih baik lagi.

Media pembelajaran matematika. Kehadiran alat peraga matematika bagi sebagian peserta didik dapat menjadi sangat berarti. Karena para peserta didik terkadang tidak dapat memiliki gambaran tentang pembelajaran yang abstrak. Sehingga dengan adanya media pembelajaran atau alat peraga pembelajaran matematika yang baik maka para peserta didik akan dapat lebih memahami tentang materi pembelajaran yang disampaikan oleh tenaga pendidiknya.

Perencanaan pembelajaran. Perencanaan pembelajaran khususnya pada pembelajaran matematika merupakan sebuah hal atau komponen pembelajaran yang penting untuk diperhatikan. Dengan adanya sebuah perencanaan pembelajaran yang matang, maka seorang tenaga pendidik akan dapat melakukan kegiatan pembelajaran secara lebih terarah dan dengan hal tersebut karena kegiatan pembelajaran berlangsung secara sistematis. Para peserta didik pun akan dapat belajar dengan baik.

Dan itulah beberapa ringkasan yang dapat saya berikan tentang materi di atas. Semoga beberapa ulasan yang telah saya sampaikan tentangnya, dapat memberikan banyak manfaatnya bagi anda. Sampai jumpa pada ulasan yang selanjutnya !
Rating: 4.5