http://www.informasi-pendidikan.com/

Rabu, 23 Juli 2014

Teknik Pembelajaran Matematika

Teknik Pembelajaran Matematika - Matematika adalah salah satu pelajaran yang selama ini dianggap sulit. Hal tersebut karena pelajaran yang termasuk dalam ilmu eksak ini bersifat abstrak sehingga perlu pemikiran yang lebih mendalam untuk dapat memahaminya. Karena itu seorang tenaga pendidik memerlukan teknik atau cara yang baik ketika menyampaikan materi pembelajaran matematika ini pada peserta didik.

Ada beberapa teknik atau cara yang efektif untuk digunakan pada pembelajaran matematika. Di antaranya beberapa teknik yang saya maksud tersebut akan saya jabarkan pada ulasan berikut ini.

Teknik atau cara pertama adalah dengan pembelajaran langsung. Seorang tenaga pendidik haruslah menyadari bahwa materi pembelajaran yang mereka ajarkan bukanlah sesuatu yang konkret melainkan sebuah pelajaran yang abstrak yang menuntut banyak pemahaman bagi para peserta didik. Untuk itu maka pembelajaran pertama yang dapat diberikan adalah dengan teknik pembelajaran langsung. Dengan teknik ini maka diharapkan para peserta didik akan memiliki bekal dasar terhadap materi pembelajaran yang mereka terima.

Teknik problem solving. Untuk memberikan pembelajaran matematika pada para peserta didiknya maka seorang tenaga pendidik dapat menggunakan teknik pembelajaran yang berorientasi pada problem solving atau pemecahan masalah. Di sini seorang tenaga pendidik dapat memberikan tugas kepada para peserta didiknya untuk memecahkan soal pembelajaran matematika yang diberikan tenaga pendidiknya.

Teknik pembelajaran kooperatif. Ini merupakan sebuah teknik pembelajaran yang lebih menekankan pada kerjasama yang terjalin antar para peserta didik yang terlibat dalam kegiatan pembelajaran matematika. Di sini seorang tenaga pendidik dapat membentuk kelompok-kelompok peserta didik yang mana setiap kelompok tersebut diberikan tugas untuk menyelesaikan persoalan matematika. Dengan cara ini sangat baik untuk meningkatkan pemahaman dan keaktifan yang dimiliki oleh para peserta didik dalam kegiatan pembelajaran matematika.

Teknik pembelajaran kontekstual. Teknik pembelajaran yang satu ini merupakan sebuah teknik atau cara pembelajaran yang berbasis pada konteks. Artinya seorang tenaga pendidik diharapkan agar menyampaikan atau memberikan pelajaran matematika yang sesuai dengan konteks yang dialami para peserta didik. Cara semacam ini akan membuat peserta didik akan lebih mudah menangkap materi pelajaran matematika yang disampaikan tenaga pendidiknya.

Demikianlah yang dapat saya sajikan kepada anda sekalian pada ulasan kali ini. Semoga dengannya dapat memberikan banyak manfaat bagi anda sekalian. Sampai jumpa!
Rating: 4.5