http://www.informasi-pendidikan.com/

Rabu, 30 Juli 2014

Strategi Pembelajaran Ekspository

Salah satu strategi pembelajaran yang dipandang memiliki kelebihan adalah strategi pembelajaran ekspository. Banyak yang mengatakan bahwa penggunaan strategi pembelajaran ini dalam sebuah kegiatan pembelajaran di sekolah lebih terasa optimal jika dibandingkan dengan penggunaan strategi pembelajaran yang lainnya? Benarkah? Apa sebenarnya yang menjadikannya dapat demikian? Sebaiknya anda meluangkan waktu satai yang anda miliki dengan seksama, karena di sini saya akan mengulas banyak hal tentang strategi pembelajaran yang satu ini. Selamat membaca.

Pertama kali yang akan kita ulas pada kesempatan kali ini adalah mengenai apa sih strategi pembelajaran ekspository itu? Strategi pembelajaran ekspository merupakan sebuah strategi pembelajaran di mana seorang tenaga pendidik dianjurkan untuk melakukan penyampaian materi pembelajaran secara verbal kepada para peserta didiknya. Hal ini memiliki tujuan utama yakni agar penyampaian materi tersebut dapat berjalan dengan optimal. Dengan kata lain tenaga pendidik menyampaikan materi pembelajaran secara langsung atau lisan sehingga tak salah jika kemudian banyak yang menyebut bahwa strategi pembelajaran yang semacam ini merupakan strategi pembelajaran ceramah langsung.

Strategi pembelajaran ini dikatakan efektif dalam mencapai pemahaman yang dimiliki oleh para peserta didik karena pertama pada pembelajaran yang semacam ini seorang tenaga pendidik menjelaskan langsung sehingga kecil kemungkinan peserta didik mendapat pemahaman jauh di luar apa yang disampaikan tenaga pendidiknya. Strategi pembelajaran yang semacam ini memiliki orientasi yang cukup mendasar yakni pada tujuan dari sebuah kegiatan pembelajaran itu sendiri.

Dengannya maka dapat kita petik sebuah kesimpulan singkat mengenai strategi pembelajaran ini adalah strategi yang memiliki tujuan agar peserta didik memahami pelajaran. Berdasarkan hal tersebutlah akhirnya yang menjadikan pembelajaran yang berlangsung dapat lebih efektif karena segala sesuatu yang terdapat di dalam kegiatan pembelajaran tersusun secara sistematis dan jelas. Terlebih ketika kita menyimak cara penyampaian materi pembelajaran ini yang menekankan pada komunikasi verbal yang akan membuat para peserta didik lebih merasa dekat dengan para tenaga pendidik yang mereka miliki. Hingga akhirnya dapat menciptakan sebuah kondisi belajar yang ideal.

Demikianlah beberapa ulasan yang dapat saya sajikan kepada anda sekalian tentang strategi pembelajaran ekspository di atas. Semoga dengannya dapat memberikan banyak manfaat bagi anda sekalian. Sampai jumpa pada ulasan menarik di kesempatan yang akan datang!
Rating: 4.5