http://www.informasi-pendidikan.com/

Jumat, 25 Juli 2014

Pentingnya Media Pembelajaran

Pentingnya Media Pembelajaran - Saat kita membicarakan tentang pembelajaran yang berlangsung di Indonesia. Maka mungkin yang akan menjadi hambatan utama bagi berjalannya kegiatan pembelajaran yang baik di negara ini, salah satunya adalah mengenai keterbatasan media pembelajaran yang dapat digunakan serta ketidakmampuan dalam menggunakan media pembelajaran tersebut secara baik. Dengan hal tersebut maka diperlukan sebuah pembahasan khusus mengenai media pembelajaran ini.

Nah berdasarkan hal di atas maka berikut ini saya akan mengajak anda sekalian untuk membicarakan banyak hal mengenai pentingnya media pembelajaran dalam sebuah kegiatan pembelajaran yang terjadi di sekolah-sekolah yang ada di negeri kita. Simak ulasan berikut ini dengan seksama, jika anda ingin mengetahui ulasan lengkap tentangnya!
Dalam sebuah kegiatan pembelajaran maka kehadiran sebuah kegiatan pembelajaran memiliki banyak arti penting. Beberapa di antaranya adalah.

Media pembelajaran dapat menjadi alat yang sangat menunjang seorang tenaga pendidik dalam menyampaikan materi pembelajaran kepada para peserta didiknya. Terkadang dalam banyak kasus, saat seorang tenaga pendidik menyampaikan materi pembelajaran kepada peserta didik, tidak dapat dimengerti dengan baik oleh para peserta didik. Dan seorang tenaga pendidik hanya berperan sebagai pendongeng saja, karena para peserta didik tidak dapat mengetahui apa yang disampaikan oleh tenaga pendidiknya.

Sebuah media pembelajaran yang baik, bagi para peserta didik memiliki arti penting yakni sebagai gambaran atas materi yang disampaikan oleh tenaga pendidiknya. Sehingga dengan hal ini maka seorang peserta pendidik akan lebih memahami apa yang disampaikan oleh tenaga pendidiknya. Seperti contohnya adalah pada pembelajaran yang bersifat abstrak.

Dengan adanya sebuah media pembelajaran maka kegiatan pembelajaran dapat berlangsung dengan lebih rileks dan fleksibel. Pembelajaran di dalam ruang kelas menggunakan metode pembelajaran konvensional atau ceramah merupakan sebuah kegiatan pembelajaran yang monoton dan membosankan. Sehingga hal ini kurang maksimal. Berbeda jika sebuah kegiatan pembelajaran di dalamnya terdapat media pembelajaran yang dapat memungkinkan bagi para peserta didik dan tenaga pendidiknya untuk melakukan kegiatan pembelajaran di luar kelas atau di manapun mereka berada. Tentu hal ini akan membuat kegiatan pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan lebih efektif.

Demikianlah beberapa ulasan tentang seberapa pentingnya media pembelajaran dalam sebuah kegiatan pembelajaran yang efektif. Sekian, semoga bermanfaat.
Rating: 4.5