http://www.informasi-pendidikan.com/

Rabu, 02 Juli 2014

Pengertian Inovasi Pembelajaran

Pada ulasan berikut ini saya akan mengajak anda sekalian untuk membicarakan banyak hal mengenai inovasi pembelajaran. Nah mungkin anda sudah seringkali mendengar istilah tersebut, lalu apakah pengertian sebenarnya dari inovasi pembelajaran tersebut? Jika anda belum mengetahuinya maka sebaiknya anda membaca ulasan berikut ini dengan seksama karena berbagai ulasan tentangnya akan saya sajikan secara menarik pada ulasan berikut ini.

Bahasa inovasi pembelajaran terdiri dari dua kata yakni kata inovasi dan kata pembelajaran. Inovasi memiliki arti pembaharuan sedangkan pembelajaran memiliki arti sebuah kegiatan penyampaian ilmu pengetahuan dari seorang tenaga pendidik kepada para peserta didiknya. Sehingga dapat kita ambil sebuah kesimpulan bahwa inovasi pembelajaran merupakan sebuah upaya pembaharuan terhadap berbagai komponen yang diperlukan dalam penyampaian materi pelajaran berupa ilmu pengetahuan dari tenaga pendidik kepada para peserta didik dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan yang berlangsung.

Setidaknya ada beberapa hal yang perlu mendapat perhatian khusus dalam melakukan inovasi pembelajaran ini . Di antaranya inovasi yang diperlukan tersebut adalah sebagai berikut.

Model pembelajaran. Model pembelajaran merupakan sebuah kesatuan atau sistematika berlangsungnya sebuah kegiatan pembelajaran. Model pembelajaran yang ada saat ini masih dirasakan kurang efektif sehingga perlu mendapatkan pembaharuan ke dalam sebuah model pembelajaran inovatif yang lebih baik lagi.

Strategi pembelajaran. Strategi pembelajaran merupakan sebuah cara atau metode yang digunakan oleh tenaga pendidik dalam menyampaikan materi pembelajaran kepada para peserta didiknya. Saat ini strategi pembelajaran ini perlu untuk dikembangkan karena kondisi peserta didik yang terus berkembang perlu diimbangi dengan pengembangan komponen pembelajaran termasuk di dalamnya adalah strategi pembelajaran ini.

Media pembelajaran. Media merupakan sebuah komponen penting yang menjadi alat atau perangkat bagi seorang tenaga pendidik dalam menyampaikan materi pembelajaran bagi para peserta didik. Dan jika hal ini diperhatikan hingga akhirnya muncul media-media pembelajaran yang inovatif maka akhirnya para peserta didik pun akan lebih memahami materi pembelajaran yang disampaikan oleh tenaga pendidiknya. Dengan hal ini maka kegiatan pembelajaran yang berlangsung akan semakin baik.

Dan itulah beberapa ulasan yang dapat saya sampaikan tentangnya, Semoga ulasan di atas dapat bermanfaat bagi anda sekalian. Sampai jumpa pada artikel yang selanjutnya.
Rating: 4.5