http://www.informasi-pendidikan.com/

Rabu, 16 Juli 2014

Metode dalam Pembelajaran

Metode pembelajaran merupakan salah satu komponen penting dalam sebuah kegiatan pembelajaran yang baik. Saat ini, ada beberapa metode dalam pembelajaran yang selama ini digunakan oleh tenaga pendidik dalam menyampaikan materi pembelajaran pada peserta didiknya. Masing-masing dari metode tersebut memiliki kelebihan dan kelemahannya sendiri, seperti yang akan saya jelaskan berikut ini.

1. Metode ceramah. Metode ceramah merupakan metode pembelajaran yang paling banyak digunakan saat ini. Ciri utamanya adalah seorang tenaga pendidik melakukan penyampaian materi pembelajaran secara langsung atau lisan. Kelebihan dari metode pembelajaran ini adalah sangat efektif ketika digunakan untuk menyiasati keterbatasan sumber materi pembelajaran layaknya buku pada peserta didik. Sedangkan kelemahan yang dimilikinya adalah pembelajaran biasanya berlangsung monoton sehingga para peserta didik cenderung pasif dan kurang menikmati pembelajaran.

2. Metode pembelajaran diskusi. Metode pembelajaran jenis kedua ini merupakan salah

satu metode yang dikembangkan oleh para sivitas akademika, dan memiliki contoh utama yakni pembentukan kelompok-kelompok kecil dalam kegiatan pembelajaran. Metode pembelajaran seperti ini lebih cenderung pada pemecahan masalah atau problem solving yang dilakukan secara bersama-sama di antara peserta didik di dalam kelompok. Kelebihan dari metode pembelajaran ini adalah para peserta didik akan saling berkomunikasi satu sama lainnya sehingga akan menciptakan integritas sosial yang baik jika tenaga pendidik mampu menciptakan situasi pembelajaran yang kondusif. Namun kelemahannya adalah metode pembelajaran ini jika tanpa pengawasan yang baik dapat menimbulkan masalah di antara para peserta didik.

3. Metode Eksperimental. Pada pembelajaran tertentu semisal pada pembelajaran yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan alam maka pembelajaran eksperimental sangat baik untuk dilakukan. Dengan melakukan percobaan, maka peserta didik akan dapat mengalami langsung apa yang ada di dalam kegiatan pembelajaran sehingga meningkatkan minat mereka untuk belajar. Kelemahannya metode pembelajaran ini memerlukan waktu yang cukup lama dan membutuhkan alat dan juga mungkin biaya tambahan.

4. Metode study tour. Metode ini sesekali waktu dapat digunakan pada pembelajaran untuk memberikan pembelajaran yang menyenangkan bagi para peserta didik. Kelebihannya adalah mampu memancing minat peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran. Sedang kelemahannya adalah karena metode ini membutuhkan biaya yang lumayan besar jika dibandingkan dengan metode pembelajaran yang lainnya.

Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga memberikan banyak manfaatnya.
Rating: 4.5