http://www.informasi-pendidikan.com/

Sabtu, 19 Juli 2014

Mengenal Pola Pembelajaran

Kegiatan pembelajaran saat ini telah semakin bervariasi dan membentuk sebuah pola pembelajaran tertentu yang menarik perhatian kita untuk mengulas lengkap tentangnya. Seperti satu di antaranya adalah tentang pola pembelajaran yang ada pada kegiatan pembelajaran yang berlangsung saat ini khususnya di Indonesia dapat kita kategorikan menjadi empat pola utama. Di antara pola pembelajaran yang saya maksud tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

Pola pembelajaran tradisional. Pola pembelajaran ini merupakan sebuah pola pembelajaran yang umum terlihat pada kegiatan pembelajaran di tanah air. Pola pembelajaran semacam ini menjadikan seorang tenaga pendidik sebagai sumber pembelajaran utama bagi para peserta didiknya dalam kegiatan pembelajaran. Cirinya, biasanya para tenaga pendidik memberikan pembelajaran menggunakan metode ceramah atau pembelajaran secara langsung kepada para peserta didiknya.

Pola pembelajaran dibantu media. Pola pembelajaran yang semacam ini sebenarnya tetap menjadikan seorang tenaga pendidik sebagai sumber utama dalam kegiatan pembelajaran yang

berlangsung bagi para peserta didik. Namun perbedaan utamanya dengan pola pembelajaran tradisional adalah pada pembelajaran ini seorang tenaga pendidik tidak lagi menyampaikan materi pembelajaran secara lisan atau langsung tetapi dapat menggunakan bantuan media pembelajaran berupa alat maupun strategi pembelajaran.

Pola pembelajaran memanfaatkan media. Pola pembelajaran yang seperti ini memiliki tingkatan yang lebih tinggi dari pola pembelajaran dibantu media. Kalau pada pola pembelajaran dibantu media kehadiran media pembelajaran hanya sebagai tambahan atau pembantu saja maka pada pola pembelajaran yang satu ini kehadiran media pembelajaran menjadi satu bagian penting dengan tenaga pendidik. Sehingga sering dikatakan bahwa pola pembelajaran yang satu ini merupakan pola pembelajaran yang menyeluruh karena telah mencakup tenaga pendidik, model dan metode pembelajaran yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

Pola pembelajaran bermedia. Pola pembelajaran yang satu ini memiliki ciri utama yakni media pembelajaran menjadi sumber utama dari kegiatan pembelajaran yang berlangsung. Dan di sini peran tenaga pendidik dalam menyampaikan materi pembelajaran sangatlah terbatas karena kegiatan pembelajaran akan dapat dilakukan peserta didik dengan sendirinya menggunakan media pembelajaran yang telah disiapkan.

Demikianlah sedikit ulasan yang dapat saya sajikan pada kesempatan kali ini. Semoga dengannya dapat memberikan banyak manfaat bagi anda sekalian. Sampai jumpa pada ulasan yang selanjutnya.
Rating: 4.5