http://www.informasi-pendidikan.com/

Selasa, 29 Juli 2014

Media Pembelajaran TIK

Media Pembelajaran TIK - Media pembelajaran merupakan salah satu hal yang teramat penting untuk menjadi bahan perhatian ketika kita menginginkan untuk mendapatkan sebuah kegiatan pembelajaran yang berkualitas. Hal ini bukan saja berkaitan dengan bagaimana seorang tenaga pendidik dapat secara mudah menjelaskan sesuatu terkait materi pembelajaran kepada para peserta didiknya, tetapi lebih dari itu juga menyangkut tentang bagaimana para peserta didik dapat memahami apa yang disampaikan oleh tenaga pendidiknya. Nah karena hal tersebutlah maka pada ulasan kali ini saya akan mengajak anda sekalian untuk membicarakan banyak hal tentang media pembelajaran, khususnya menyangkut media pembelajaran TIK. Seperti apakah penjelasan selanjutnya? Simak ulasan berikut ini dengan seksama agar anda sekalian dapat menyimak beragam ulasan tentangnya.

Terdapat beberapa media yang efektif ketika digunakan untuk melakukan pembelajaran TIK. Di antaranya media-media tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

Buku. Buku menjadi media pembelajaran TIK yang efektif pertama. Mengapa media buku dalam pembelajaran TIK dikatakan efektif? Hal tersebut karena dengan adanya buku panduan atau tutorial maka seorang peserta didik dapat dengan mudah memahami setiap perintah yang terdapat dalam pembelajaran TIK. Semisal tutorial mengenai cara menjalankan program aplikasi tertentu. Dengan adanya tutorial maka peserta didik akan dapat belajar tanpa didampingi oleh tenaga pendidiknya.

Internet. Perkembangan yang terjadi di dunia saat ini tak luput dari internet. Karena itu memanfaatkan produk perkembangan teknologi yang satu ini sebagai salah saru media pembelajaran merupakan upaya efektif yang bisa dilakukan. Di internet juga terdapat banyak tutorial ataupun materi pembelajaran yang dapat dibaca oleh peserta didik dengan lebih leluasa.

Game. Saat ini banyak sekali peserta didik yang menyukai beraneka macam game yang saat ini terus dikembangkan dan kian harinya kian muncul game-game baru yang lebih seru. Nah karena itulah dengan menariknya game ini, maka dapat dijadikan sebagai media pembelajaran yang menarik dalam sebuah kegiatan pembelajaran TIK. Terlebih untuk game edukasi saat ini banyak terdapat di internet.

Demikianlah sedikit pembahasan tentang media pembelajaran TIK yang dapat saya berikan pada anda kali ini. Semoga dengannya dapat memberikan banyak manfaatnya bagi anda sekalian. Sampai bertemu kembali pada kesempatan di ulasan yang selanjutnya.
Rating: 4.5