http://www.informasi-pendidikan.com/

Senin, 28 Juli 2014

Karakteristik Media Pembelajaran

Karakteristik Media Pembelajaran - Salah satu komponen pembelajaran yang teramat penting untuk diperhatikan adalah dengan adanya media pembelajaran yang baik. Ya, hal tersebut karena media pembelajaran saat ini bukan hanya berperan dalam membantu para tenaga pendidik dalam menyampaikan materi pembelajaran pada peserta didik saja, ataupun juga bukan hanya sebagai pelengkap. Melainkan telah menjadi satu dengan kegiatan pembelajaran yang berkualitas dan diharapkan kehadirannya akan mampu meningkatkan kualitas dari pendidikan itu sendiri.

Berikut akan dijelaskan mengenai karekteristik media pembelajaran:

Mempermudah memberikan pemahaman kepada para peserta didik. Keberadaan sebuah media pembelajaran dalam kegiatan pembelajaran yang berlangsung memiliki tujuan utama yakni agar para peserta didik dapat lebih memahami apa yang disampaikan oleh lembaga pendidiknya. Sehingga yang harus diperhatikan oleh tenaga pendidik saat memilih media yang baik tersebut adalah dengan

memperhatikan penggunaannya nanti terutama dalam hal meningkatkan pemahaman siswa. Karena jika tidak diperhatikan maka kehadiran sebuah media justru akan membuat peserta didik merasa kebingungan.

Mudah digunakan oleh tenaga pendidik maupun peserta didik. Seorang tenaga pendidik juga harus memperhatikan ihwal kemudahan saat menggunakan media tersebut. Hal ini memiliki tujuan utama dalam hal efektifitas dari penggunaan media pembelajaran yang dipilih.

Fleksibel. media pembelajaran haruslah fleksibel, dalam artian dapat digunakan di berbagai tempat dalam berbagai waktu dan kondisi tertentu. Hal ini berkaitan dengan bagaimana media tersebut akan dapat digunakan secara maksimal nantinya.

Menarik perhatian peserta didik. Sebuah media pembelajaran dipilih, didasarkan pada peserta didik. Sehingga dengannya maka sebuah media pembelajaran yang baik harus memenuhi kemenarikan ini. Biasanya dengan adanya media pembelajaran yang menarik para peserta didik yang ada di dalamnya dapat memiliki pandangan yang terpusat akan materi pembelajaran yang disampaikan oleh tenaga pendidiknya. Dengan hal tersebut jugalah yang akhirnya mampu memberikan dorongan serta motivasi kepada para peserta didik untuk meningkatkan semangat belajar yang mereka miliki, hingga akhirnya tujuan dari kegiatan pembelajaran akan mudah tercapai.

Demikianlah apa yang dapat saya sajikan kepada anda sekalian pada ulasan kali ini. Semoga dengannya dapat memberikan banyak manfaatnya bagi ada sekalian. Sampai jumpa pada kesempatan menarik di pertemuan yang berikutnya.
Rating: 4.5