http://www.informasi-pendidikan.com/

Kamis, 17 Juli 2014

Desain Pembelajaran PAI

Desain Pembelajaran PAI - Dalam sebuah kegiatan pembelajaran, maka desain pembelajaran menempati sebuah posisi yang teramat penting untuk menjamin kualitas kegiatan pembelajaran yang berlangsung. Saat ini sendiri terdapat beberapa desain pembelajaran khususnya pada PAI yang dinilai baik untuk dikembangkan. Di antaranya adalah beberapa desain pembelajaran PAI berikut ini.

Desain Pembelajaran PAI Brigs. Desain pembelajaran ini merupakan sebuah desain pembelajaran yang memiliki ciri utama yakni tenaga pendidik yang memiliki fungsi instruksional dalam sebuah kegiatan pembelajaran. Model pembelajaran ini pada umumnya adalah merupakan sebuah sistem pembelajaran yang memiliki tujuan untuk menyelaraskan komponen pembelajaran yang terdapat di dalamnya seperti tujuan yang akan dicapai dalam kegiatan pembelajaran agama Islam, strategi yang digunakan oleh tenaga pendidik dalam memberikan materi pembelajaran pendidikan agama Islam serta upaya melakukan evaluasi terhadap kegiatan pembelajaran PAI yang telah dilaksanakan.

Desain pembelajaran PAI Banathy. Model desain pembelajaran yang satu

ini memiliki ciri utama yakni tersusun dalam tahapan yang jelas. Yakni terdiri dari 6 tahapan utama yaitu tahapan menganalisis rumusan dan tujuan yang diinginkan pada kegiatan pembelajaran yang akan dilangsungkan, membuat tes yang sesuai untuk rumusan dan tujuan yang dibuat, melakukan analisis dan perumusan kegiatan pembelajaran, merancang sebuah sistem pembelajaran, menganalisis efektifitas sistem dan terakhir melakukan perbaikan atas evaluasi pembelajaran yang telah dilakukan.

Desain pembelajaran PAI Kemp. Desain pembelajaran PAI yang dikembangkan oleh Kemp merupakan sebuah desain pembelajaran siklus yang mana tersusun dalam sebuah sistem dan terdiri dari beberapa komponen pembelajaran yang saling berkaitan. Di antaranya komponen pembelajaran ini adalah hasil yang ingin dikehendaki, analisis tes, tujuan khusus kegiatan belajar dan lain sebagainya yang masing-masing saling berkaitan membentuk sebuah siklus.

Model Gerlach dan Ely dalam kegiatan pembelajaran PAI. Model pembelajaran yang satu ini memiliki ciri utama sebagai suatu sistem yang mengembangkan perencanaan pembelajaran. Di antaranya beberapa hal yang diperhatikan dalam desain pembelajaran ini adalah tujuan instruksional, materi pembelajaran, kemampuan awal yang dimiliki oleh para peserta didik, serta teknik dan strategi yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

Demikianlah yang dapat saya sampaikan pada pembelajaran kali ini. Semoga dengannya dapat memberikan banyak manfaatnya bagi anda sekalian. Sampai jumpa pada ulasan yang selanjutnya.
Rating: 4.5