http://www.informasi-pendidikan.com/

Minggu, 22 Juni 2014

Teori Media Pembelajaran

Teori Media Pembelajaran- Pada ulasan kali ini saya akan memberikan beberapa ulasan yang menarik bagi anda sekalian. beberapa ulasan yang akan saya sampaikan tersebut sangat erat kaitannya dengan kegiatan pembelajaran yang terjadi di indonesia. Seperti yang anda ketahui bahwa saat ini masalah pembelajaran atau pendidikan ini merupakan sebuah permasalahan yang besar yang dihadapi oleh bangsa kita. Salah satunya adalah kurangnya media pembelajaran yang dapat dimanfaatkan oleh tenaga pendidik dalam kegiatan pembelajaran. Sehingga dengannya maka sangat penting bagi kita untuk memperhatikan efektifitas dari sebuah media pembelajaran jika menginginkan mendapatkan sebuah kegiatan pembelajaran yang berkualitas.

Media pembelajaran merupakan sebuah hal yang sangat penting dalam kegiatan pembelajaran. Media pembelajaran secara bahasa terdiri dari dua kata yakni media yang berarti alat, dan juga pembelajaran yang berarti sebuah proses penyampaian informasi atau ilmu pengetahuan dari seorang tenaga pendidik kepada para peserta didiknya. Dengan demikian dapat kita artikan bahwa media
pembelajaran ini merupakan sebuah perangkat atau alat yang diperlukan oleh tenaga pendidik dalam menyampaikan atau memberikan informasi berupa ilmu pengetahuan kepada para peserta didiknya.

Ada banyak media pembelajaran yang dapat digunakan oleh tenaga pendidik dalam menyampaikan informasi kepada para peserta didiknya. Beberapa di antaranya adalah media audio seperti radio, MP3 player dll, Media visual seperti foto, gambar, poster dan lainnya serta media audio visual  layaknya video yang dapat dimanfaatkan untuk menyampaikan informasi kepada para peserta didik.

Untuk menggunakan media-media tersebut kepada para peserta didik dalam sebuah kegiatan pembelajaran maka diperlukan banyak hal yang harus diperhatikan dengan seksama oleh para tenaga pendidik. Di antaranya hal-hal tersebut adalah kesesuaian penggunaan media pembelajaran tersebut bagi para peserta didik karena setiap media memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, Termasuk di antaranya adalah kemampuan para peserta didik dalam menangkap materi pembelajaran berdasarkan media yang digunakan. Lalu yang kedua adalah sebuah pemahaman bagi seorang tenaga pendidik bahwa sesungguhnya tidak ada media yang paling baik di antara media yang lainnya. Karena kembali lagi, bahwa setiap media memiliki cara penggunaan yang berbeda tergantung dari tenaga pendidik dan peserta didik yang terlibat di dalamnya.

Dan itulah beberapa ulasan yang dapat saja sajikan untuk anda, semoga beberapa ulasan di atas dapat bermanfaat.
Rating: 4.5