http://www.informasi-pendidikan.com/

Kamis, 26 Juni 2014

Model Strategi Pembelajaran

Model Strategi Pembelajaran - Kegiatan pembelajaran merupakan sebuah kegiatan yang penting yang harus dilalui oleh setiap peserta didik. Kegiatan ini haruslah berjalan dengan baik dan efektif agar pada saat seorang tenaga pendidik menyampaikan materi kepada para peserta didiknya dapat dipahami dan dimengerti sepenuhnya oleh para peserta didik tersebut. Hingga akhirnya hal ini membuat para tenaga pendidik memerlukan sebuah cara atau strategi pembelajaran yang baik guna diterapkan kepada para peserta didik. Sehingga jika hal tersebut dilakukan oleh tenaga pendidik, maka para peserta didik akan lebih memahami apa yang disampaikan oleh tenaga pendidiknya dan tenaga pendidik itu sendiri akan dapat lebih mudah dalam kegiatan pembelajaran yang berlangsung.

Model strategi pembelajaran yang dapat digunakan oleh tenaga pendidik saat ini sangatlah bervariasi. Beberapa di antaranya model-model pembelajaran yang dimaksud tersebut akan saya jelaskan lebih perinci pada ulasan berikut ini.

Model strategi pembelajaran langsung. Strategi pembelajaran yang seperti ini seringkali disebut sebagai strategi pembelajaran ceramah atau seorang guru menyampaikan materi pembelajaran secara langsung. Sehingga karenanya, model pembelajaran seperti ini dikatakan sebagai strategi pembelajaran yang berorientasi atau berpusat pada guru.

Model strategi pembelajaran aktif. Model pembelajaran semacam ini lebih menekankan kepada para peserta didik untuk lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran yang berlangsung. Sehingga di sini peran seorang tenaga pendidik hanyalah sebagai penggerak atau pengondisi jalannya sebuah kegiatan pembelajaran agar dapat berlangsung secara optimal.

Model strategi pembelajaran kooperatif. Strategi pembelajaran yang satu ini lebih menekankan pada kerjasama yang terjadi pada kegiatan pembelajaran yang berlangsung. Kerjasama yang dimaksud di sini adalah kerjasama yang terjadi baik antara para peserta didik dengan peserta didik yang lain, maupun antara peserta didik dengan tenaga pendidiknya. Jika kegiatan pembelajaran seperti ini mampu berjalan dengan baik, maka akan terjadi sebuah integritas yang baik antara lingkungan pembelajaran yang ada. Namun kelemahannya strategi pembelajaran seperti ini membutuhkan waktu yang lebih lama jika dibandingkan dengan model strategi pembelajaran yang lainnya.

Dan itulah beberapa contoh model strategi pembelajaran yang dapat saya berikan pada ulasan kali ini. Semoga beberapa ulasan yang saya sampaikan di atas dapat memberikan banyak manfaat bagi anda sekalian. Sampai jumpa pada ulasan yang berikutnya!
Rating: 4.5