http://www.informasi-pendidikan.com/

Minggu, 15 Juni 2014

Model Pembelajaran Paud

Model Pembelajaran Paud - Pendidikan anak usia dini atau biasa kita sebut dengan Paud merupakan pendidikan yang penting bagi seorang anak. Mungkin dalam pandangan banyak orang pendidikan paud merupakan pendidikan bermain. Pendidikan tersebut memang ada benarnya karena di dalam pendidikan paud adanya kegiatan bermain menjadi sebuah kunci utama berjalannya kegiatan pembelajaran dengan baik. Nah pada ulasan kali ini saya akan mengutarakan kepada anda tentang bagaiamanakah model pembelajaran yang baik bagi para peserta didik yang berada di pendidikan usia dini. Jadi, simak ulasan berikut ini dengan seksama agar anda memberikan banyak informasi yang saya sajikan tentang model pembelajaran paud, seperti di bawah ini.

Pentingnya permainan yang mendidik dalam pembelajaran paud. Anak-anak usia dini merupakan anak-anak yang memiliki kecenderungan untuk bermain. Karena di sini berdasarkan perkembangan seorang anak, maka ia sedang belajar untuk berinteraksi dengan lingkungannya. Sehingga dengan adanya sebuah permainan yang bersifat kelompok di paud maka akan sangat baik untuk membantu seorang anak dalam berinteraksi dengan lingkungannya.

Menyampaikan materi pembelajaran dengan cerita atau dongeng. Pada dasarnya seorang anak pada usia dini sangat menyukai jika seorang tenaga pendidiknya bercerita atau mendongeng. Dengan demikian maka seorang tenaga pendidik akan sangat efektif jika menyampaikan kegiatan pembelajaran menggunakan media pembelajaran berupa dongeng atau cerita.

Pengenalan materi pembelajaran menggunakan media gambar atau foto. Gambar atau foto akan sangat mendukung bagi para tenaga pendidik dalam menyampaikan materi pembelajaran pada peserta didik, Para peserta didik akan lebih mudah memahami apa yang disampaikan oleh tenaga pendidiknya jika materi pembelajaran yang disampaikan tersebut disertai dengan gambar ataupun foto yang menarik perhatian mereka.

Pada dasarnya seorang anak akan lebih senang untuk melakukan sesuatu jika mereka mendapatkan pujian, karena hal tersebutlah maka seorang guru dapat secara verbal memberikan pujian kepada para peserta didiknya ketika mereka bisa melakukan sebuah materi pembelajaran yang disampaikan oleh tenaga pendidiknya. Hal ini akan memotivasi mereka, dan akan membuat mereka merasa keberadaannya di sekolah dihargai sehingga mereka akan merasa nyaman dengan kegiatan belajar.

Itulah beberapa hal yang saya rangkum tentang pendidikan anak usia dini di atas. Semoga denganya memberikan banyak manfaat bagi anda.
Rating: 4.5