http://www.informasi-pendidikan.com/

Senin, 23 Juni 2014

Model-Model Pembelajaran

Model-Model Pembelajaran - Permasalahan terkait dengan pendidikan merupakan sebuah masalah yang telah lama menjadi perbincangan yang kian menghangat bagi negara berkembang layaknya Indonesia. Masalah tersebut timbul karena dengan semakin tingginya laju perubahan yang terjadi di dunia saat ini, diperlukan sebuah upaya untuk mengimbanginya dengan peningkatan sumber daya manusia untuk dapat bersaing dengan negara lainnya. Salah satu caranya, hal tersebut dapat dilakukan dengan melakukan peningkatan kualitas pendidikan yang diberikan kepada warga negaranya. Membicarakan tentang pendidikan, maka yang mungkin akan menjadi sorotan kita adalah tentang kegiatan pembelajaran yang terjadi di sekolah. Nah karena tulah maka pada ulasan berikut ini saya akan mengajak anda untuk membicarakan banyak hal tentangnya, khususnya lagi menyangkut pada permasalahan tentang model-model pembelajaran seperti apa yang bisa kita gunakan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah tersebut. Karena itu simak ulasan berikut ini dengan seksama agar anda mendapatkan banyak informasi yang saya sajikan tentangnya.

Model pembelajaran yang digunakan saat ini kian bervariasi. Beberapa di antaraya yang menarik perhatian saya untuk dikembangkan antara lain adalah:

Model pembelajaran kooperatif. Model pembelajaran yang satu ini lebih menekankan pada kerja sama yang tercipta antar elemen yang terdapat dalam sebuah kegiatan pembelajaran. Yakni tenaga pendidik dan peserta didik. Dengan model pembelajaran ini maka diharapkan akan menjadikan sebuah integritas sosial yang baik di lingkungan pendidikan khususnya sekolah.

Model pembelajaran Paikem. Paikem merupakan sebuah nama model pembelajaran yang berasal dari singkatan Pembelajaran aktif, inovatif,kreatif dan menyenangkan. Pembelajaran ini menitikberatkan pada sebuah kegiatan pembelajaran yang lebih aktif dan menggunakan inovasi-inovasi tertentu sehingga menjadikan sebuah kegiatan pembelajaran menjadi lebih menarik. Sehingga dengan hal tersebut maka diharapkan kegiatan pembelajaran yang diaami oleh para peserta didik dapat berlangsung secara efektif.

Model pembelajaran konstruktivisme. Model pembelajaran yang seperti ini merupakan salah satu model pembelajaran yang menjadikan peserta didik sebagai pusat dari kegiatan pembelajaran atau student center. Cirinya, di sini seorang tenaga pendidik berperan aktif sebagai motivator dan juga mediator yang baik bagi jalannya kegiatan pembelajaran bagi para peserta didiknya. Dengan kata lain tenaga pendidik berperan sebagai pengondisi kegiatan pembelajaran.

Dan itulah beberapa model pembelajaran yang dapat saya sampaikan. Sekian, semoga bermanfaat.
Rating: 4.5