http://www.informasi-pendidikan.com/

Sabtu, 14 Juni 2014

Model-Model Pembelajaran Terpadu



Model Pembelajaran Terpadu - Pada ulasan berikut ini saya sengaja mengajak anda sekalian untuk membicarakan tentang beragam hal menarik yang saya rangkum tentang model pembelajaran terpadu. Model pembelajaran semacam ini dinilai efektif ketika digunakan dalam kegiatan pembelajaran bagi para peserta didik. Seperti apakah model pembelajaran terpadu ini? simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Setidaknya terdapat sepuluh model pembelajaran yang dapat dikembangkan dalam kegiatan pembelajaran terpadu. Di antaranya model-mode tersebut antara lain.

Model pembelajaran terpadu yang pertama adalah model penggalan. Model ini merupakan sebuah model pembelajaran yang memadukan penggalan-penggalan materi pembelajaran yang terdapat dalam sebuah mata pelajaran saja. Contohnya adalah pada pembelajaran bahasa terdapat materi tentang kemampuan menyimak, berbicara, membaca dan menulis yang dapat dipadukan.

Kedua, adalah model keterhubungan. Model ini berciri khusus tentang banyak materi pembelajaran yang memiliki satu payung khusus atau induk materi pembelajaran misalkan biologi, fisika ke dalam materi pelajaran IPA.

Model sarang. Model ini memiliki ciri khusus dimana seorang tenaga pendidik memadukan bermacam-macam bentuk pemahaman konsep dalam sebuah kegiatan pembelajaran.

Model rangkaian atau urutan, model pembelajaran yang semacam ini dapat diartikan sebagai sebuah rangkaian kegiatan pembelajaran yang saling berkaitan satu sama lainnya. Atau dapat kita katakan sebagai sebuah model pembelajaran parallel.

Model bagian. Pada model pembelajaran yang seperti ini dapat menjadi penggabungan antara dua materi pembelajaran yang terdapat dalam dua mata pelajaran yang berbeda, namun memiliki materi yang sama. Contoh penggunaan model pembelajaran ini dapat diterapkan pada kegiatan pembelajaran IPS dan PKN yang memiliki materi yang sama.

Model jaring laba-laba. Yang menjadi ciri khusus dari model pembelajaran ini adalah bahwa kegiatan pembelajaran ini didasarkan pada pembelajaran tematik atau yang memiliki tema yang sama.

Model keterpaduan. Model pembelajaran ini memadukan berbagai mata pelajaran yang berbeda namun diasumsikan memiliki esensi yang sama atau serupa. Misalkan saja pada pembelajaran IPA, IPS maupun pada pembelajaran bahasa.

Selain tujuh model di atas masih terdapat tiga model pembelajaran yang lain di antaranya model pembelajaran galur, celupan dan jaringan yang masing-masing memiliki ciri khas. Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga dapat bermanfaat untuk anda sekalian.
Rating: 4.5