http://www.informasi-pendidikan.com/

Rabu, 18 Juni 2014

Metode Pembelajaran Pakem

Metode Pembelajaran Pakem - Pada ulasan berikut ini saya akan mengajak anda sekalian untuk membahas tentang sebuah topik pembicaraan yang sangat menarik mengenai metode pembelajaran pakem. Namun sebelum saya menjelaskan tentang apa itu metode pembelajaran pakem, maka alangkah lebih baiknya jika saya menjelaskan terlebih dahulu kepada anda sekalian tentang apa itu sebenarnya metode pembelajaran.

Metode pembelajaran merupakan sebuah perangkat penting dalam sebuah kegiatan pembelajaran. Metode pembelajaran secara bahasa terdiri dari dua kata yakni kata metode yang memiliki arti cara dan juga kata pembelajaran yang memiliki arti sebuah proses transfer informasi ilmu pengetahuan dari seseorang kepada orang yang lainnya (tenaga pendidik kepada peserta didik). Sehingga dapat kita tarik sebuah kesimpulan bahwa metode pembelajaran merupakan sebuah cara yang diperlukan untuk menciptakan sebuah kegiatan penyampaian informasi beberapa ilmu pengetahuan dari seorang tenaga pendidik kepada peserta didik supaya dapat berjalan secara efektif.

Setelah anda mengetahui bersama tentang apa itu metode pembelajaran maka yang kedua saya akan menjelaskan kepada anda tentang apa itu metode pembelajaran Pakem. Metode pembelajaran pakem merupakan sebuah metode pembelajaran inovatif yang dikembangkan untuk menciptakan sebuah kegiatan pembelajaran yang baik. Seperti namanya yang berarti pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan. Maka dalam pembelajaran ini harus terpenuhi masing-masing kriteria tersebut. Yang akan saja jelaskan lebih lengkap pada ulasan berikut ini.

Pembelajaran aktif. Pembelajaran aktif ini artinya sebuah kegiatan pembelajaran yang menuntut para peserta didik  untuk lebih aktif dan dominan dalam sebuah kegiatan pembelajaran atau biasa disebut dengan istilah student center.

Pembelajaran kreatif. pembelajaran yang berlangsung haruslah segar dan berbeda dari yang sebelumnya sehingga dapat membuat daya tarik bagi para peserta didik untuk belajar.
Pembelajaran Efektif. Efektifitas dari sebuah kegiatan pembelajaran perlu untuk diperhatikan. Baik itu efektifitas dari segi waktu, materi pembelajaran dan juga pemahaman para peserta didik.
Pembelajaran menyenangkan. Sebuah kegiatan pembelajaran haruslah memenuhi unsur terakhir ini di mana peserta didik harus merasa senang saat sedang belajar sehingga apa yang disampaikan oleh tenaga pendidiknya mampu terpahami dengan baik.

Demikianlah apa yang dapat saya ulas mengenai metode pembelajaran pakem di atas. Semoga dengannya memberikan banyak manfaat bagi anda sekalian.
Rating: 4.5