http://www.informasi-pendidikan.com/

Jumat, 13 Juni 2014

Metode Pembelajaran Inovatif Part I

Metode Pembelajaran Inovatif - Salah satu komponen yang diperlukan dalam sebuah kegiatan pembelajaran agar dapat berjalan dengan baik adalah adanya metode pembelajaran yang baik yang digunakan oleh tenaga pendidik dalam menyampaikan materi pembelajaran kepada para peserta didiknya. Setidaknya ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menciptakan sebuah metode pembelajaran ini yakni tentang efektifitasnya jika digunakan untuk peserta didik tertentu. Seperti yang selama ini kita ketahui bahwasanya metode pembelajaran merupakan sebuah perangkat cara-cara yang digunakan oleh tenaga pendidik dalam memberikan atau menyampaikan materi pembelajaran kepada para peserta didiknya sehingga karenanya haruslah memiliki efektifitas yang tinggi. Setidaknya saat ini ada beberapa metode pembelajaran yang menurut saya memiliki kelebihan jika dibandingkan dengan jenis metode pembelajaran yang lainnya. Simak ulasan berikut ini.

1. Metode pembelajaran langsung interaktif. Metode pembelajaran ini merupakan sebuah metode yang telah lama digunakan oleh tenaga pendidik yakni dengan memberikan pembelajaran secara langsung melalui cara ceramah. Namun bedanya atau inovasinya dalam hal ini terletak pada interaksi yang lebih ditekankan antara tenaga pendidik dan juga peserta didik sehingga dapat memiliki peran yang sama-sama aktif dalam kegiatan pembelajaran.

2. Metode pembelajaran berbasis proyek. Metode pembelajaran yang satu ini juga menarik dan inovatif untuk dikembangkan pada sebuah kegiatan pembelajaran. Karena jika para peserta didik diarahkan untuk melakukan sebuah proyek yang terdapat dalam kegiatan pembelajaran maka apa yang didapatkannya dalam sebuah materi pembelajaran akan dapat terimplementasi di dalam proyek yang dibebankan padanya. Sehingga hal ini dapat meningkatkan pemahaman para peserta didik.

3. Metode pembelajaran yang selanjutnya adalah metode pembelajaran kontekstual. Metode pembelajaran yang seperti ini merupakan sebuah metode pembelajaran yang berbasis pada konteks atau kejadian yang dialami oleh para peserta didik. Banyak yang beranggapan bahwa dengan mengalami langsung apa yang terdapat dalam sebuah materi pembelajaran maka kita akan lebih mengerti dan memahami. Sehingga melalui metode pembelajaran seperti ini sangat diharapkan agar para peserta didik dapat mengerti penjelasan dari tenaga pendidiknya secara lebih mendalam.

Dan demikianlah beberapa ulasan   tentang model pembelajaran inovatif yang dapat saya sampaikan tentangnya semoga beberapa ulasan di atas dapat bermanfaat bagi anda sekalian. Sampai jumpa pada artikel Metode Pembelajaran Bagian 2.
Rating: 4.5