http://www.informasi-pendidikan.com/

Senin, 16 Juni 2014

Mengetahui Supervisi Pembelajaran

Supervisi Pembelajaran - Kegiatan pembelajaran yang terdapat di indonesia nampaknya perlu untuk ditingkatkan. Karena seperti yang anda ketahui, dengan adanya peningkatan pembelajaran tersebut maka akan berdampak pada peningkatan kualitas bangsa indonesia. Dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran tersebut ada banyak upaya yang dapat dilakukan salah satunya adalah dengan upaya supervisi pembelajaran. Apakah yang disebut dengan supervisi pembelajaran ini? Untuk mendapatkan informasinya secara lebih lengkap maka ulasan berikut ini wajib anda baca dengan seksama!

Supervisi pembelajaran ini merupakan sebuah proses pemberian bantuan dalam rangka meningkatkan mutu atau kualitas pembelajaran yang terjadi di lingkungan sekolah. Supervisi pembelajaran ini dilakukan oleh seorang kepala sekolah kepada para tenaga pendidik, kepala sekolah kepada kepala sekolah yang lainnya maupun dapat dari tenaga pendidik yang satu kepada tenaga pendidik yang lainnya. Pemberian bantuan peningkatan kualitas mutu pembelajaran ini biasanya disertai dengan sebuah proses pembinaan yang biasanya terdiri dari dua jenis pembinaan yang diberikan yakni pembinaan akademik dan juga pembinaan yang bersifat administratif.

Sebenarnya apa sih sasaran atau tujuan diberikannya supervisi pendidikan atau pembelajaran ini? Sasaran utamanya adalah para peserta didik, lalu para tenaga pendidik dan kepala sekolah sebagai sebuah tenaga pendidik yang professional serta tenaga pendidik dan kepala sekolah dalam kemampuannya mengelola mutu pembelajaran atau pendidikan yang diberikan kepada para peserta didik.

Sasaran utama dari supervisi pembelajaran ini adalah para peserta didik. Dengan demikian dapat diartikan seorang tenaga pendidik di sini harus berperan dominan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran yang diterima oleh para peserta didik.

Dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Maka supervisi pembelajaran memiliki sasaran dalam meningkatkan profesionalitas seorang tenaga pendidik dan kepala sekolah. Dalam hal ini para tenaga pendidik harus meningkatkan budaya belajar sehingga nantinya dapat meningkatkan kemampuan mereka dalam menjalankan kewajiban sebagai tenaga pendidik yang professional.

Sasaran selanjutnya dalam supervisi pembelajaran adalah seorang tenaga pendidik diharapkan mampu mengelola berbagai aspek yang terdapat di dalam kegiatan pembelajaran. Sehingga akhirnya diharapkan dengan maksimalnya sumber daya dalam kegiatan pembelajaran maka kualitas pembelajaran pun akan meningkat.

Itulah beberapa ulasan yang dapat saya berikan tentangnya. Semoga memberikan banyak manfaat bagi anda sekalian untuk menambah wawasan pengetahuan yang anda miliki.
Rating: 4.5