http://www.informasi-pendidikan.com/

Rabu, 11 Juni 2014

Memperhatikan Pembelajaran SD

Pembelajaran SD - Pembelajaran di tingkat sekolah dasar (SD)merupakan sebuah kegiatan pembelajaran yang sangat penting untuk dilalui oleh para peserta didik. Bisa dikatakan bahwa pada tingkat sekolah dasar ini merupakan sebuah kegiatan pembelajaran awal yang benar-benar dialami oleh para peserta didik di sekolah. Hal tersebut mungkin mendapat sanggahan karena sebelumnya, saat ini telah terdapat banyak pendidikan yang diberikan sebelum anak bersekolah di sekolah dasar layaknya pendidikan anak usia dini dan TK. Namun ketika kita melihat dari perkembangan seorang anak yang paling efektif, maka mungkin kita akan sepakat bahwa pada saat sekolah dasar inilah seorang peserta didik benar-benar berada dalam kegiatan pembelajaran yang sebenarnya.

Di awal tadi saya sudah menjelaskan kepada anda sekalian bahwa pendidikan di sekolah dasar merupakan sebuah pendidikan yang teramat penting untuk diperhatikan. Hal ini tak lain karena dengan pendidikan di sekolah dasar

yang baik maka nantinya akan menjadi bekal yang baik bagi para peserta didik saat mereka menempuh jenjang pendidikan yang selanjutnya. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh seorang tenaga pendidik dalam memberikan pembelajaran pada peserta didik di tingkat sekolah dasar, yang di antaranya adalah sebagai berikut.

Materi pembelajaran yang ringan dan mudah dipahami. Perlu untuk diperhatikan bagi seorang tenaga pendidik untuk mengenali karakteristik yang dimiliki oleh anak di tingkat dasar, sehingga para tenaga pendidik tersebut dapat memberikan materi pembelajaran menggunakan bahasa yang ringan yang dapat dipahami oleh para peserta didiknya.

Strategi pembelajaran yang digunakan. Seorang tenaga pendidik yang mengenali karakteristik dari para peserta didik di tingkat dasar tersebut tentunya akan dapat memilihkan strategi pebelajaran yang sesuai untuk digunakan. Namun secara umum anak-anak yang berada pada usia sekolah dasar tersebut memiliki kecenderungan untuk bermain. Sehingga materi pembelajaran akan lebih efektif jika disampaikan dengan strategi bermain.

Media pembelajaran yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Pemilihan media pembelajaran yang baik sangat diperlukan dalam kegiatan pembelajaran di tingkat dasar. Karena para peserta didik di tingkat dasar memiliki pemahaman yang masih rendah. Sehingga jika seorang tenaga pendidik mampu memilih sebuah media yang sesuai dengan peserta didiknya maka kegiatan pembelajaran pun akan dapat berlangsung dengan efektif.

Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.
Rating: 4.5