http://www.informasi-pendidikan.com/

Kamis, 19 Juni 2014

Media Pembelajaran PAI

Media Pembelajaran PAI - Globalisasi adalah sebuah keadaan di mana semakin menghilangnya batas-batas kenegaraan atau batas-batas antar negara menjadi abstrak. Hal tersebut memang memiliki dampak yang positif dengan semakin naiknya tingkat kualitas hidup masyarakat karena berbagai benda teknologi dapat dengan mudah masuk ke negara kita tercinta ini.

Namun demikian ternyata globalisasi telah menimbulkan sebuah dampak negatif yang jauh dari apa yang kita harapkan, yakni masuknya budaya asing yang memiliki pengaruh negatif. Terutama jika kita melihat budaya barat yang cenderung ke arah kebudayaan yang bersifat liberal atau bebas yang berlawanan dengan kebudayaan timur. Tentunya untuk mengatasi permasalahan tersebut, diperlukan sebuah cara untuk mencegahnya. Salah satunya adalah mengintensifkan pembelajaran PAI di sekolah.

Sebagai negara  yang mayoritas penduduknya beragama islam maka pendidikan agama islam di sekolah sangatlah penting bagi Indonesia. Karena dengan memberikan pendidikan agama yang baik
kepada para peserta didik, diharapkan mereka akan lebih dapat bertahan dari serangan globalisasi yang membawa pengaruh buruk. Sehingga dengan hal tersebut pendidikan agama Islam ini dapat menjadikan sebuah filter dan juga benteng pertahanan yang nyata untuk menjaga kualitas moral yang dimiliki oleh bangsa. Satu di antara banyak cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran PAI ini adalah dengan menggunakan media yang lebih bisa diterima oleh para peserta didik. Beberapa di antaranya akan saya jabarkan pada ulasan berikut.

1. Teknologi.
Tekhologi menjadi sebuah komponen penting dalam globalisasi. Karena hal tersebut jika kita bisa memaksimalkan teknologi yang berkembang saat ini menjadi sebuah media pembelajaran PAI yang baik maka kita akan dapat mengambil manfaat darinya. Dan pembelajaran PAI pun dapat semakin berkembang seiring dengan perkembangan teknologi yang selalu fluktuatif.

2. Alam.
Jika teknologi merupakan sebuah media pembelajaran yang terkesan modern maka ada kalanya kita menggunakan media yang tradisional untuk melawannya yakni kembali ke alam. Dengan hal tersebut kita dapat menyadarkan pada para peserta didik bahwa di balik kemajuan yang ditawarkan oleh teknologi ternyata kekayaan alam yang ada jauh lebih indah, lebih besar dan lebih menarik untuk di dalami. Jika hal ini dapat dilakukan, maka kegiatan pembelajaran PAI pun akan dapat efektif.

Demikianlah yang dapat saya uraikan pada ulasan kali ini. Semoga bermanfaat.
Rating: 4.5