http://www.informasi-pendidikan.com/

Kamis, 05 Juni 2014

Macam-macam Jenis Strategi Pembelajaran

Pada zaman dengan era yang modern ini ada banyak sekali jenis strategi pembelajaran yang telah banyak berkembang. Di dalam melakukan penyampaian suatu materi pelajaran ke setiap peserta didik setiap tutor atau tenaga pendidik harus dapat menerapkan pembelajaran yang menarik, inovatif dan kreatif. Karena sekarang ini zaman telah berkembang sangat pesat maka seorang tenaga didik harus mampu bersaing untuk dapat memberikan pembelajaran yang terbaik yang mampu untuk diterima oleh seorang peserta didik. Untuk mengantisipasi seorang peserta didik tidak bosen dengan pembawaan materi yang disajikan oleh seorang tenaga didik maka seorang tenaga didik perlu menyiapkan jenis strategi pembelajaran yang bervariasi dan inovatif.

Berikut dapat anda simak macam jenis strategi pembelajaran yang dapat anda terapkan sebagai seorang tenaga didik :

Untuk yang pertama kali di dalam sebuah proses pembelajaran perlu memiliki sebuah strategi yang pas untuk digunakan. Ciri yang paling utama untuk jenis strategi pembelajaran ini ialah seorang tenaga pendidik harus memiliki sebuah peranan utama di dalam jalannya sebuah pembelajaran ataupun bisa diartikan juga bahwa seorang tenaga pendidik haruslah aktif di dalam menyampaikan sebuah materi-materi pelajaran ke semua peserta didiknya.

Untuk cara yang kedua adalah seorang tenaga pendidik bisa menggunakan sebuah strategi pembelajaran secara tidak langsung. Di dalam strategi pembelajaran yang satu ini pembelajaran lebih dipusatkan ke peserta didik. Untuk seorang tenaga pendidik mempunyai peranan yakni sebagai fasilitator yang akan melakukan mengkondisikan dan juga mengawasi setiap kegiatan yang  telah dilakukan oleh para peserta didik. Untuk strategi pembelajaran yang seperti ini bisa diterapkan oleh tenaga didik ke semua peserta didik yang telah dinilai mampu menjalankan peranannya.

Strategi yang ketiga adalah tenaga pendidik bisa melakukan kombinasi antara dua jenis strategi pembelajaran di atas ataupun yang sering disebut dengan cara pembelajaran interaktif. Strategi pembelajaran ini  mengharuskan seorang tenaga pendidik aktif di dalam menyampaikan materi sebuah pembelajaran ke peserta didik, akan tetapi akan sangat baik apabila seorang tenaga didik menyampaikan materi pembelajaran dengan sedikit candaan ringan dan juga membentuk tim diskusi di sela-sela pembelajaran.

Demikian artikel kami kali ini mengenai macam jenis strategi pembelajaran yang mungkin dapat bermanfaat untuk anda.
Rating: 4.5