http://www.informasi-pendidikan.com/

Selasa, 17 Juni 2014

Komponen Penting dalam Model Pembelajaran Stad

Model pembelajaran Stad merupakan sebuah model pembelajaran inovatif yang layak untuk dikembangkan dan digunakan dalam memberikan pembelajaran kepada para peserta didik di sekolah. Model pembelajaran Stad ini termasuk ke dalam salah satu jenis model pembelajaran kooperatif yang paling sederhana sehingga sangat baik jika diimplementasikan oleh seorang tenaga pendidik yang ingin menggunakan metode pembelajaran kooperatif bagi para peserta didiknya. Nah di sini untuk memperjelas pengetahuan anda tentang model pembelajaran stad ini, maka saya telah merangkum berbagai informasi mengenai komponen penting yang harus diperhatikan dalam pembelajaran Stad. Di antaranya adalah sebagai berikut.

Penyajian kelas. Hal pertama yang harus diperhatikan dalam model pembelajaran Stad adalah penyajian kelas. Di sini seorang tenaga pendidik menyajikan atau mempresentasikan tentang materi pembelajaran yang akan dibahas dalam kegiatan pembelajaran kepada para peserta didiknya secara langsung atau menggunakan metode ceramah. Dengan hal ini seorang tenaga pendidik memberikan instruksi kepada para peserta didik terkait apa yang harus mereka lakukan nantinya pada kegiatan pembelajaran.

Membentuk kelompok-kelompok belajar atau team. Seorang tenaga pendidik harus mampu mengelompokkan para peserta didiknya dalam susunan yang heterogen dalam artian memiliki perbedaan baik fisik maupun tingkat kepintaran. Hal ini bertujuan agar terjadi pemerataan jika nanti mereka berada di dalam kelompok sehingga mereka dapat memiliki sikap toleran terhadap perbedaan yang ada di lingkungan masyarakat yang luas.

Menyiapkan tes kelompok. Seorang tenaga pendidik dapat memberikan tes berupa kuis kelompok yang dilakukan dengan tujuan untuk membuat sebuah kerjasama yang menarik antaranggota dalam sebuah kelompok. Sehingga akhirnya diharapkan akan terjadi sebuah integritas sosial antar anggota kelompok yang satu dengan yang lainnya.

Pengajuan individu. Selain kelompok, tentunya tetap diperlukan pengujian terhadap kemampuan setiap individu dari peserta didik. Hal ini bertujuan agar keterampilan dan ilmu pengetahuan yang diperoleh dapat merata antar peserta didik.

Penghargaan terhadap kelompok terbaik. Seorang tenaga pendidik dapat memberikan penghargaan terhadap kelompok terbaik agar tercipta sebuah motivasi di antara kelompok yang lain untuk ikut terpancing menjadi kelompok terbaik.

Dan itulah beberapa poin penting yang dapat saya sampaikan mengenai pembelajaran stad ini. Semoga ulasan di atas dapat bermanfaat untuk anda.
Rating: 4.5