http://www.informasi-pendidikan.com/

Sabtu, 28 Juni 2014

Jenis Pendekatan Pembelajaran

Jenis Pendekatan Pembelajaran - Indonesia merupakan sebuah negara yang besar yang memiliki jumlah penduduk terbanyak ke-4 di dunia. Dengan hal tersebut membuat permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat negeri ini sangatlah kompleks. Salah satunya, masalah yang seringkali mendapat banyak sorotan dari berbagai pihak adalah mengenai pendidikan. Banyak asumsi yang mengatakan bahwa pendidikan merupakan sebuah unsur yang sangat menentukan kualitas sebuah bangsa. Karena itulah maka penting bagi sebuah negara layaknya Indonesia untuk mengembangkan pendidikan untuk meningkatkan kualitas bangsanya. Satu pokok yang kita ambil tentang pendidikan ini misalnya adalah tentang kegiatan pembelajaran. Sebuah kegiatan pembelajaran yang baik akan dapat berlangsung jika komponen pembelajaran dapat tercapai dengan baik. Tentunya untuk mendapatkan hal tersebut tidaklah mudah, karena tentunya harus ada sebuah kegiatan pendekatan pembelajaran yang baik di dalamnya.

Kegiatan pendekatan pembelajaran ini merupakan sebuah upaya yang dilakukan untuk melakukan pendekatan atau mendekati objek atau sasaran dari sebuah kegiatan pembelajaran yang berlangsung. Secara umum, maka dapat kita ketahui bahwa pendekatan pembelajaran ini terbagi menjadi dua jenis, yakni pendekatan pembelajaran yang berorientasi pada peserta didik, serta yang kedua adalah sebuah pendekatan pembelajaran yang berorientasi pada tenaga pendidik. Untuk penjelasan secara lengkapnya, maka anda perlu membaca uraian yang saya sajikan berikut ini dengan seksama.

Kegiatan pendekatan pembelajaran yang berorientasi pada peserta didik. Pedekatan pembelajaran berorientasi pada peserta didik ini merupakan sebuah sudut pandang pembelajaran yang menjadikan peserta didik sebagai poros atau pusat, titik perhatian dari kegiatan pembelajaran yang berlangsung. Pendekatan pembelajaran semacam ini lebih menekankan para peserta didik untuk menjadi perhatian utama sehingga dominasi dari kegiatan pembelajaran yang berlangsung ada pada peserta didik. Atau dalam kata lain peserta didik bersifat aktif dalam kegiatan pembelajaran yang berlangsung.

Kegiatan pendekatan pembelajaran yang berorientasi pada tenaga pendidik. Pendekatan pembelajaran berorientasi pada tenaga pendidik ini merupakan sebuah pendekatan pembelajaran yang menjadikan tenaga pendidik sebagai poros atau pusat dari kegiatan pembelajaran yang berlangsung. Ciri utama dari pendekatan semacam ini adalah tenaga pendidik menyampaikan materi pembelajaran secara langsung kepada peserta didikya . Tenaga pendidik bersifat aktif di dalam kegiatan pembelajaran.

Demikianlah yang dapat saya sampaikan, semoga beberapa ulasan di atas bermanfaat.
Rating: 4.5