http://www.informasi-pendidikan.com/

Rabu, 04 Juni 2014

Jenis dan pengertian materi pembelajaran

Jenis dan pengertian materi pembelajaran – Pada saat kita masih berada di bangku sekolah sering kali kita mendengar sebuah kata materi pelajaran. Akan tetapi apakah anda tahu arti sebenarnya dari materi pembelajaran ? Untuk anda yang masih berstatus mahasiswa ataupun siswa sangatlah penting untuk mengerti tentang pengertian materi pembelajaran supaya anda dapat lebih mudah dan gampang untuk mengerti mata pelajaran yang di sampaikan oleh guru.

Sebenarnya pengertian materi pembelajaran adalah sebuah pengetahuan, keterampilan dan juga sebuah sikap yang harusnya dimiliki oleh semua peserta didik di dalam memenuhi standart pembelajaran kompetensi yang telah di tetapkan.  Jadi dapat di simpulkan bahwa pengertian materi pembelajaran itu adalah sarana untuk dapat mencapai sebuah tujuan pembelajaran.

Pada umumnya sebuah materi pembelajaran ini telah di bagi menjadi tiga jenis yakni :

  • Alat, informasi dan juga sebuah teks atau program yang di perlukan oleh para guru untuk melakukan sebuah perencanaan belajar.
  • Sebuah alat yang dipergunakan oleh guru untuk menerapkan sebuah pembelajaran yang baik dan mudah di mengerti para siswanya.
  • Yang terakhir adalah sebuah perangkat substansi dari pembelajaran yang dapat di susun dengan sistematis di dalam proses pembelajaran.

Pengertian Materi pelajaran ini sangat penting untuk dapat di mengerti oleh semua siswa  supaya setiap siswa dapat menerima pembelajaran sesuai dengan yang telah di tetapkan oleh guru. Maka dari itu dapat di simpulkan bahwa sebuah materi pelajaran ini sangat berpengaruh pada tingkat keberhasilan ataupun ketercapaian siswa di dalam belajar. Berikut  jenis materi pelajaran yang secara umum di pergunakan oleh para guru:

1. Fakta
Fakta ini adalah segala jenis dan bentuk kenyataan yang  berupa objek, kejadian, nama ataupun hal lainnya di dalam bentuk sebuah  kejadian yang real.

2. Konsep
Adalah hasil dari  definisi, pemahaman,  pemikiran yang telah terbentuk di dalam pengertian materi pembelajaran.

3. Prosedur
Prosedur adalah langkah -  langkah yang telah disusun dengan sistematis di  dalam melakukan sebuah aktivitas. Dan dapat juga dikatakan sebuah kronologi sebuah system pembelajaran.

Demikian artikel kami kali ini mengenai Jenis dan pengertian materi pembelajaran yang mungkin dapat bermanfaat untuk anda.
Rating: 4.5