http://www.informasi-pendidikan.com/

Selasa, 24 Juni 2014

Hakikat Media Pembelajaran

Salah satu komponen terpenting dalam sebuah kegiatan pembelajaran adalah adanya media pembelajaran. Secara hakikat media pembelajaran merupakan sebuah perangkat yang digunakan dalam sebuah kegiatan pembelajaran yang memiliki banyak manfaat jika dapat digunakan secara maksimal. Beberapa manfaat tersebut di antaranya akan saya sampaikan pada ulasan berikut ini.

Media pembelajaran membantu seorang tenaga pendidik dalam menyampaikan materi pembelajaran kepada para peserta didiknya. Terkadang dalam menyampaikan sebuah materi pembelajaran maka seorang tenaga pendidik memerlukan bantuan alat atau perangkat yang digunakan untuk memperjelas apa yang disampaikannya. Dengan alat atau media ini maka seorang tenaga pendidik dapat lebih menguatkan maksud dan tujuan pembelajaran kepada para peserta didik.

Media pembelajaran dapat mempermudah bagi para peserta didik dalam memahami apa yang disampaikan oleh tenaga pendidiknya. Banyak materi pembelajaran yang disampaikan oleh tenaga pendidik yang bersifat abstrak. Sehingga hal tersebut membuat para peserta didik menjadi kebingungan tentang apa yang disampaikan oleh tenaga pendidiknya. Dengan adanya media pembelajaran tersebut maka dapat membantu para peserta didik untuk lebih memahami apa yang disampaikan tenaga pendidiknya.

Kegiatan pembelajaran menjadi lebih menarik dan lebih bervariatif dengan adanya media pembelajaran. Banyak peserta didik yang menganggap bahwa mendengarkan penjelasan dari seorang tenaga pendidik dalam waktu yang lama merupakan sebuah kegiatan yang cukup membosankan. Nah karena hal tersebutlah maka pengembangan media ini diperlukan. Dengan adanya media pembelajaran yang menarik dan beragam maka hal tersebut cukup efektif untuk menanggulangi kebosanan yang dialami oleh para peserta didik.

Kegiatan pembelajaran yang berlangsung dapat lebih fleksibel dengan adanya media pembelajaran. Jika setiap hari kegiatan pembelajaran dilakukan di dalam ruangan maka hal tersebut dalam waktu yang lama akan membuat para peserta didik mengalami kejenuhan, karena hal ini lah maka sebuah media pembelajaran diperlukan. Dengan adanya media pembelajaran yang lebih fleksibel dan memungkinkan dilakukannya kegiatan pembelajaran di manapun dan kapanpun maka akan tercapailah sebuah kegiatan yang lebih efektif bagi para peserta didik.

Dan itulah beberapa hal yang dapat saya uraikan pada kesempatan kali ini. Semoga beberapa hal yang saya jelaskan di atas dapat memberikan banyak manfaat bagi anda sekalian. Sampai jumpa pada ulasan yang selanjutnya.
Rating: 4.5