http://www.informasi-pendidikan.com/

Minggu, 08 Juni 2014

Ciri-Ciri Media Pembelajaran yang Baik

Ciri-Ciri Media Pembelajaran - Pada ulasan berikut ini saya akan kembali mengajak anda untuk membicarakan sebuah bahasan yang menarik terkait dengan kegiatan pembelajaran yang berlangsung di sekolah. Yakni lebih tepatnya mengenai ciri-ciri media pembelajaran yang baik untuk diterapkan pada para peserta didik. Seperti apakah ulasan lengkapnya? Simak ulasan berikut ini dengan seksama agar anda dapat mengetahui banyak informasi yang saya sajikan!

Pertama, yang akan kita bahas pada ulasan berikut ini adalah mengenai apakah itu media pembelajaran. Media pembelajaran secara umum dapat kita artikan sebagai sebuah perangkat sarana atau alat yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Untuk mendapatkan sebuah media pembelajaran yang baik maka diperlukan berbagai macam kriteria yang di antaranya media yang baik memiliki ciri-ciri sebagai berikut.

Media yang digunakan harus sesuai. Yang saya maksud dengan media yang sesuai di sini adalah sesuai dengan materi pembelajaran yang di sampaikan, sesuai dengan kondisi dan situasi pembelajaran dan sesuai pula dengan para peserta didik yang ada dalam kegiatan pembelajaran yang sedang berlangsung. Di sini sebelum memilih untuk menggunakan sebuah media pembelajaran dalam menyampaikan materi pembelajaran maka seorang tenaga pendidik harus terlebih dahulu menguasai media pembelajaran yang akan digunakan tersebut serta terlebih dahulu melakukan sebuah riset apakah media tersebut sesuai untuk digunakan pada mata pelajaran, situasi dan kondisi serta para peserta didiknya atau tidak. Jika memang tidak sesuai sebaiknya tidak memaksakan untuk menggunakannya.

Media yang baik adalah media yang efektif. Sebaiknya yang menjadi tolak ukur media yang baik bagi seorang tenaga pendidik di sini bukan menyoalkan tentang kemodernan dari media pembelajaran, tetapi lebih mengarah pada efektifitas dari media tersebut jika digunakan dalam sebuah kegiatan pembelajaran. Efektifitas di sini mencakup biaya, waktu dan pemahaman materi yang didapatkan oleh para peserta didik.

Media yang baik adalah yang mampu memberikan manfaat yang maksimal bagi para peserta didik. Apa pun itu jenisnya, yang perlu ditekankan di sini adalah media pembelajaran yang digunakan nantinya, sasaran utamanya adalah peserta didik. Jadi karenanya yang harus diutamakan tentunya adalah peserta didik yang terlibat di dalamnya.

Itulah beberapa hal yang dapat saya uraikan pada ulasan kita kali ini. Semoga senantiasa memberikan manfaat untuk anda sekalian.
Rating: 4.5