http://www.informasi-pendidikan.com/

Sabtu, 10 Mei 2014

Model Pembelajaran Fisika yang Efisien

Model Pembelajaran Fisika - Salah satu ilmu yang diajarkan pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam adalah Ilmu fisika. Ilmu ini menjadi salah satu ilmu yang sering kali ditakuti oleh para peserta didik layaknya matematika. Ya ini karena pada mata pelajaran ini seperti pada pelajaran matematika yang sering kali terdapat hitung-hitungan yang membuat para peserta didik sering kali mengalami kesulitan.

Selain itu para peserta didik juga kerap kali dibingungkan karena mata pelajaran ini sedikit abstrak. Sering kali apa yang disampaikan oleh para tenaga pendidik tidak dapat diterima dengan baik oleh para peserta didik. Akibatnya mereka menjadi bingung dan menganggap pelajaran fisika sebagai momok yang mengerikan.

Dengan adanya trauma tersendiri dari para peserta didik terkait mata pelajaran ini tentu harusnya menjadikan koreksi bagi para tenaga pendidik yang mengampu mata pelajaran ini untuk dapat mengemas mata pelajaran yang sedemikian tersebut menjadi sebuah mata pelajaran yang lebih sederhana dan mudah dinalar oleh para peserta didik yang dengannya jika peserta didik telah merasa nyaman dengan pelajaran fisika ini maka pembelajaran yang berlangsung pun akan efektif. Dan ini menjadikan tercapainya target pembelajaran tentang pemahaman dari para peserta didik.

Karena itulah maka model pembelajaran fisika ini harus dibedakan dengan model pembelajaran yang lainnya. Seorang tenaga pendidik harus bisa bersikap kondisional saat melakukan pengajaran mata pelajaran ini. Bukan hanya mengajak para peserta didik untuk mempelajari tentang cara menghitung menggunakan rumus-rumus saja tetapi observasi lapangan dan juga praktek tentang teori yang diajarkan tersebut menjadi sebuah pembelajaran yang lebih efisien ketimbang memaksakan peserta didik untuk menguasai teori fisika sedangkan mereka tidak mengetahui dan tidak menerapkan langsung tentang teori tersebut. Secara sederhana dapat kita simpulkan bahwa pembelajaran pengalaman dalam menerapkan hukum fisika merupakan cara terbaik daripada hanya mengajarkan teori saja.

Selain itu metode pengajaran menggunakan bagan-bagan serta peta konsep akan membantu para peserta didik dalam menerima materi pelajaran fisika ini karena seperti  yang kita tahu materi pembelajaran fisika sangatlah kompleks. Jadi dengan adanya peta konsep da bagan maka akan tampak lebih sederhana dan mudah dipelajari.

Demikianlah beberapa ulasan yang dapat saya sampaikan, Semoga dengannya mampu memberikan manfaat untuk anda.
Rating: 4.5