http://www.informasi-pendidikan.com/

Kamis, 20 Maret 2014

Strategi Pembelajaran PAI di sekolah

Strategi Pembelajaran PAI - Pendidikan agama islam merupakan sebuah ilmu pembelajaran yang diajarkan di semua sekolah di Indonesia bagi setiap para peserta didik yang beragama islam. Pembelajaran ini memiliki tujuan yang tak lain adalah untuk menyiapkan sebuah generasi penerus bangsa yang memiliki jiwa ketaatan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Yang dengan hal ini dalam konteks Islam berarti harus memiliki pandangan dan pemahaman yang kuat terhadap akidah agama islam. terlebih jika kita mengacu pada kegiatan pembelajaran PAI untuk sekolah maka seyogyanya tetap berpatokan pada ajaran-ajaran yang termaktub dalam kitab suci Al quran juga yang terdapat dalam hadist yang telah teruji kesahihannya.

Dalam sebuah kegiatan pembelajaran pendidikan agama islam ini di sekolah agar dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan apa yang dicita-citakan maka haruslah mempunya sebuah strategi yang baik untuk diterapkan selama kegiatan pembelajaran berlangsung. Karena itulah maka pada ulasan berikut ini telah dengan sengaja saya rangkum berbagai ulasan menarik tentang strategi pembelajaran pendidikan agama islam di sekolah yang tentunya akan sangat menarik untuk anda baca dengan seksama.

Strategi pembelajaran pendidikan pembelajaran agama islam yang pertama tentu saja dengan metode konvensional atau metode ceramah. Dalam pembelajaran islam metode ini dinilai baik untuk memberikan pencerahan kepada peserta didik tentang apa itu agama islam dan segala materi pembelajaran yang terdapat di dalamya. Namun pada dasarnya pembelajaran dengan cara ceramah ini akan sangat lebih baik jika diimbangi dengan pembelajaran aktif serta strategi pembelajaran kontekstual yang membuat para peserta didik akan lebih mudah dalam memahami pembelajaran yang disampaikan oleh tenaga pendidiknya.

Praktek lapangan merupakan sebuah kegiatan yang sangat baik untuk diterapkan dalam pembelajaran pendidikan agama islam di sekolah. Apapun itu kegiatannya, tujuan akhir dari pembelajaran pendidikan agama islam ini di sekolah adalah agar peserta didik dapat mempraktekkan apa yang diterimanya tentang pembelajaran keagamaan tersebut secara langsung. Jadi keberhasilan dalam pembelajaran agama islam ini sejatinya bukan hanya pada kemampuan akademik saja tetapi lebih dari itu adalah tentang penghayatan agama dan pengamalan secara langsung dalam menjalani kehidupan.

Dan itulah beberapa strategi pembelajaran Pendidikan agama islam yang dapat saya simpulkan. semoga bermanfaat untuk anda.
Rating: 4.5