http://www.informasi-pendidikan.com/

Senin, 24 Maret 2014

Penggunaan Media Pembelajaran

Penggunaan Media Pembelajaran - Saat kita mengamati tentang perkembangan kegiatan pembelajaran yang ada di sekolah di sekitar tempat tinggal kita atau di Indonesia khususnya maka kita akan melihat sebuah fenomena yang cukup membuat kita merasa prihatin. Bayangkan saja di Negara yang banyak memiliki kekayaan alam dan juga sumber daya alam yang melimpah ini kendatinya masih memiliki sumber daya manusia dengan rata-rata pendidikan yang rendah. Padahal semestinya dengan segala kelebihan yang terdapat di Indonesia saat ini dapat menjadikan Indonesia menjadi salah satu Negara yang besar dan memiliki tingkat perkembangan pembelajaran yang tinggi dibandingkan dengan Negara lain yang memiliki kekayaan alam dan sumber daya manusia yang tidak sebanding dengan Indonesia.

Permasalahan yang muncul dalam kegiatan pembelajaran di Indonesia yang sering kali dikeluhkan oleh para tenaga pendidik dan juga para orang tua dari peserta didik adalah mengenai ketersediaan media pembelajaran yang terbatas. Saya menilai sikap ini sangatlah wajar karena kekurangpahaman pihak-pihak yang terlibat dalam kegiatan pembelajaran tersebut. Baik dari orang tua peserta didik yang belum mengetahui secara benar tentang kegiatan pembelajaran yang seperti apa yang baik untuk anaknya maupun para tenaga pendidik yang terlalu sibuk dengan urusannya sendiri sehingga tidak mau berpikir kreatif dan inovatif guna memberikan pembelajaran yang baik bagi para peserta didiknya.

Jika kita menelusur lebih lanjut tentang penggunaan media pembelajaran ini untuk kegiatan pembelajaran di sekolah. Sebenarnya hal tersebut untuk Negara dengan kekayaan alam, sosial, budaya yang melimpah seperti Indonesia sangat tidak terbatas. Mengapa? Karena berdasarkan pembelajaran terbaru yang dipikirkan oleh para ahli kita dapat menggunakan apa yang terdapat di lingkungan alam, masyarakat maupun lingkungan budaya sebagai salah satu media yang baik untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Dan jelas sekali bahwa semua itu terdapat sangat banyak dan melimpah sekali di Negara kita. Jadi dengan demikian jika masih banyak tenaga pendidik maupun para orang tua peserta didik yang mengeluhkan tentang keterbatasan penggunaan media pembelajaran itu adalah sebuah kesalahan yang besar terkait pemahaman tentang media pembelajaran itu sendiri.

Demikianlah apa yang dapat saya sampaikan pada ulasan kali ini, Semoga anda berkenan dengan tulisan saya dan semoga bermanfaat.
Rating: 4.5