http://www.informasi-pendidikan.com/

Sabtu, 22 Maret 2014

Pembelajaran Menulis Untuk Anak

Pembelajaran Menulis Untuk Anak - Salah satu kegiatan yang harus dilakukan oleh setiap manusia adalah belajar. Dalam agama pun dijelaskan bahwa setiap orang yang menginginkan kebahagiaan baik di dunia maupun hingga di kehidupan yang selanjutnya tetap harus dengan belajar. Jika kita artikan maka kegiatan belajar ini memang merupakan sebuah kegiatan yang teramat penting untuk dilakukan. Ini karena kegiatan belajar merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan oleh seseorang guna mendapatkan sebuah informasi baru tentang sebuah hal yang baru agar mereka dapat mengerti dan memahami serta dapat bersosialisasi dengan cara beradaptasi dengan hal baru tersebut. Sehingga dengannya mereka akan memiliki kehidupan yang lebih baik dengan adanya kegiatan belajar .

Salah satu hal yang membedakan antara manusia pada jaman kehidupan yang masih liar dengan kehidupan masyarakat yang semakin modern atau dapat kita katakan sebagai yang membedakan antara masyarakat prasejarah dan masyarakat sejarah adalah dengan adanya tulisan. Tulisan merupakan sebuah susunan lambang-lambang bunyi yang tersusun secara mutlak yang memiliki arti tertentu. Untuk mempelajari tentang cara menulis sebuah tulisan tentu bukanlah sebuah hal yang mudah. Karena diperlukan sebuah proses yang panjang agar seseorang terlebih anak-anak untuk dapat menyusun lambang-lambang punyai yang banyak tersebut menjadi sebuah tulisan yang sistematis dan memiliki makna yang mudah dibaca dan dipahami.

Pembelajaran menulis pada seorang anak tidak dapat dilakukan secara instan. Karena di dalam menulis seorang harus berpikir kreatif dalam menempatkan lambang-lambang bunyi menjadi satu kesatuan yang bermakna. Dan berikut ini telah saya rangkum beberapa ulasan tentang bagaimana seharusnya pembelajaran menulis itu dilakukan kepada seorang anak. Sebagai berikut.

Pembelajaran menulis ini harus dilakukan kepada anak di usia yang sedini mungkin. Bukan hanya untuk kebutuhan seolah tetapi juga berkaitan dengan kehidupannya di jaman yang semakin modern.
Perlu upaya yang konsisten dalam melakukan pembelajaran menulis baik apa yang dilakukan oleh tenaga pendidik di sekolah maupun bagi orang tua di rumah dengan cara memberikan motivasi.
Memberikan tugas-tugas terhadap para peserta didik untuk melakukan observasi tentang tulisan-tulisan secara berkala agar perbendaharaan kata yang dimilikinya semakin berkembang.

Dan itulah beberapa ulasan yang dapat saya berikan. Semoga bermanfaat.
Rating: 4.5